Rumah Berkumpul yang Nyaman | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 26 2020
No Comments

Rumah Berkumpul yang Nyaman

Rumah Berkumpul yang Nyaman

Foto : ist
A   A   A   Pengaturan Font

Desain tempat tinggal terbuka menjadi desain multifungsi untuk penggunaan hingga masa mendatang. Desain yang mampu menampung berbagai aktifitas juga mempertimbangkan penghematan energi.

Kumpul bersama keluarga maupun teman sejawat menjadi kesempatan yang menyenangkan, apalagi di tengah kehidupan yang semakin personal. Perubahan jaman bukan berarti merubah seluruh kehidupan manusia.

Dengan ruang yang mampu mengakomodir ajang kumpul dengan rekan sejawat maupun keluarga, ajang tersebut semakin ditunggu-tunggu. Looklen Architects, sebuah biro arsitek yang berlokasi di Bangkok, Thailand merancang tempat tinggal yang dinamai ‘Rumah Atap’. Bangunan yang terletak di daerah Lat Phrao, Thailand merupakan perpanjangan rumah tua yang terletak di dekatnya.

Seorang pemilik rumah memprakarsai ide untuk membangun rumah yang dapat melayani kegiatan dan meningkatkan fungsi penggunaan rumah tua yang telah ditinggali lebih dari 15 tahun.

Karena anggaran dan ruang terbatas, seperti yang dilansir dari portal archdaily, Looklen Architects merancang tata letak menjadi rancangan terbuka untuk menghubungkan semua fungsi di semua area.

Bangunan seluas 190 meter persegi dengan desain multifungsi untuk penggunaan tempat tinggal di masa mendatang. Bangunan terletak di tanah yang berbatasan dengan pohon yang telah ada sebelumnya.

Karakter rumah yang terinspirasi dari rumah tropis, menjadikan halaman tengah sebagai titik fokus setiap fungsi rumah. Dengan konsep tersebut, tempat tinggal mudah terhubung dengan area luar.

Namun di sisi lain, tempat tinggal memiliki privasi dengan elemen dinding besar, yang mana bagian depannya saling membelok satu dengan yang lainnya.   

Rumah Atap yang merupakan rancangan baru, bertindak sebagai area umum yang mengumpulkan berbagai kegiatan anggota keluarga. Di tempat tersebut menjadi area santai, area tamu, area main piano, kegiatan Sabtu dan Minggu maupun taman bermain untuk anjing.

Bagian atap dirancang untuk menjadi atap pinggul, dimana bagian atap tersebut memiliki lubang di bagian tengah, untuk menciptakan ruang lapang rumah dan memberikan keteduhan pada daerah lain dengan atap yang panjang.

Struktur utama bangunan utama terbuat dari baja sehingga rumah menjadi lebih ringan. Bagian depan merupakan ruang yang paling terbuka dari rumah yang dibangun dengan struktur bentang lebar sepanjang 14 meter. Di bagian samping, dinding dibuat miring dengan maksud agar kompatibel dengan halaman tengah. Bangunan memiliki perspektif yang menarik termasuk di bagian dalamnya.

Arsitek bermaksud menyatukan struktur rumah dan ruangannya menjadi satu elemen dengan menghubungkan sudut atap dan langit-langit di bagian dalam. Arsitek juga menggunakan kayu sebagai bahan utama karena menghangatkan ruangan dan mengurangi gema. Area langit-langit kayu juga yang terhubung mengikat area dalam dan area luar.

Untuk meningkatkan kualitas lingkungan rumah, dipasang cahaya di sepanjang sisi atap. Dari perspektif luar, ada pagar bilah yang berfungsi sebagai fasad ganda rumah, sebagai privasi Rumah Atap. 

 Rancangan bangunan hemat energi turut menjadi pertimbangan. Cara tersebut dilakukan dengan mengadopsi metode desain pasif agar selaras dengan suasana. Arsitek juga mempaskan satu sisi atap pinggul (bagian sisi Utara) untuk memungkinkan banyak angin dan sinar matahari  yang lewat di halaman.

Selain itu ada, jendela ukuran 5 meter menghadap Utara dan Timur yang memungkinkan rumah tidak kekurangan cahaya alam setiap hari. Faktor penghematan energi lainnya  berasal dari pintu geser yang memungkinkan angin masuk ke dalam rumah. Ketika pintu geser terbuka, suasana akan tercipta semi indoor. Tempat tinggalpun menjadi ruang nyaman untuk berkumpul dan beraktifitas.  

Dinding Kuning Memberikan Energi Positif

Warna kuning merupakan warna yang istimewa sebagai pelapis dinding. Selain terlihat cerah, warna tersebut mampu memberikan energi positif pada ruang. Warna kuning yang tersapu pada dinding ruang bagaikan cahaya hangat sepanjang hari.

Warna tersebut digunakan MDDM Studio, sebuah studio arsitek dan desain interior yang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mendesain apartemen yang berada di Beijing.

“Kuning adalah solusi untuk membawa energi positif ke dalam rumah dan mempertahankan sentuhan minimal tertentu dengan perabotan dan tangga putih,” ujar Momo Andrea Destro, salah satu pendiri studio, seperti yang dilansir dalam portal Dezeen.

Dinding dengan warna kuning berpadu harmonis dengan ruang yang dibuat dengan bukaan besar dan pintu masuk geser ke dalam beberapa dinding struktural. Sehingga, area tersebut mampu meningkatkan pergerakan antara berbagai zona di rumah.

Untuk membuat zona dengan bukaan lebar, MDDM Studio  menghancurkan tangga di lantai bawah dan menghapuskan partisi. Sehingga, ada fungsi rumah yang berbeda, seperti ruang tamu yang dibuat satu langkah lebih rendah dari ruang makan dan area pintu masuk yang bersebelahan.

Lalu, ada ruang bermain yang sejajar dengan teraso. “Hasilnya adalah aliran terus menerus antara ruang tamu, pintu masuk, ruang makan, dapur dan ruang bermain,” ujarnya.

Tempat tinggal bernama House P berada di gedung lima lantai yang menempati dua lantai dari gedung tersebut. Dengan lantai bawah digunakan untuk mengakomodasi ruangn tamu, ruang makan, ruang bermain dan dapur. Kamar tidur dan kamar mandi terletak di lantai atas sedangkan teras yang besar dipoles dengan cat berwarna kuning meriah.

Palet berwarna semarak tersebut disandingkan dengan lantai semen dan kayu berwarna putih dengan perlengkapan logam serta furnitur built in. Kombinasi ini mampu memantulkan energi untuk keluarga muda yang tinggal di tempat tersebut. “Kami mempelajari banyak kombinasi warna yang berbeda untuk furnitur built-in dan dinding disekitarnya,” ujar Momo.

Untuk menggabungkan tiga tingkat, studio memasukkan tangga yang terbuat dari panel baja putih yang berlubang. Bagian ini memungkinkan cahaya matahari dari jendela tinggi penuh yang menghadap ke barat di tangga, menembus ke seluruh rumah.

Sehingga saat sore, ada permainan cahaya dan bayangan tangga yang menciptakan suasana khusus dalam apartemen. Alhasil, tempat tinggal yang ditujukan untuk pasangan muda ini pun terkesan artistik. din/R-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment