Saatnya Hengkang dari Perusahaan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 4 2020
No Comments
SURAT UNTUK BU ROSSA

Saatnya Hengkang dari Perusahaan

Saatnya Hengkang dari Perusahaan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, dari hari ke hari saya semakin enggan masuk kantor. Jenuh dengan rutinas yang berulang, tanpa variasi dan tantangan. Itulah yang saya rasakan. Apakah ini sudah cukup menjadi alasan untuk saya guna mengajukan resign?

Jawaban:

Keluar masuk karyawan di sebuah perusahaan bukanlah aneh. Karena memang banyak alasan yang menyebabkan seseorang memutuskan pindah kerja. Apakah Anda sedang berpikir untuk mencari pekerjaan baru? Tetapi tidak perlu buruburu berpikir untuk hengkang, hanya karena bosan. Anda baru boleh mempersiapkan kepindahan, jika mulai merasakan ‘ketidakberesan’ sehubungan dengan pekerjaan dan perusahaan. Berikut adalah tanda-tanda ketidakberesan itu.

Berseteru dengan bos Jika masalah dengan bos tak kunjung selesai dan merembet ke sentimen, agaknya pegawai harus mulai berpikir untuk mencari ‘lahan’ baru. Karena mungkin namanya sudah tercatat dalam daftar PHK berikutnya. Tetapi jika masalah dengan bos masih bisa diselesaikan, jangan buru-buru ‘cabut’. Hanya perlu waktu untuk membicarakannya dengannya. Karir mentok Jika Anda merupakan satusatunya staf senior yang tak kunjung mendapat promosi jabatan, inilah saatnya untuk menyusun rencana pindah. Anda tak berkembang dan merasa tak ada jalan untuk menanjak.

Jangan ragu untuk secepatnya pergi dan temukanlah karir yang lebih oke di tempat lain. Ketinggalan kereta Anda perlu menunggu sekian lama untuk dipromosikan, bahkan rela bekerja sangat keras untuk itu.

Tetapi yang menyebalkan, rekan malah mendapat posisi itu hanya karena favorit di mata bos. Mungkin promosi yang sama akan terjadi lama sekali. Jika kejadiannya seperti itu, mulailah berburu kerja baru pada perusahaan yang lebih menghargai karya dibanding kantor sekarang. Tak dikenal Anda cukup rajin, loyal, dan pandai tetapi jarang sekali orang yang tahu.

Mungkin Anda adalah satu-satunya orang yang tidak populer di kantor padahal punya potensi dan merasa sudah melakukan sosialisasi secara maksimal. Kalau begini kejadiannya, bukan salah Anda.

Merekalah yang tidak menginginkan Anda. Inilah saat yang tepat untuk say goodbye. Benci pekerjaan Anda tak pernah bisa menikmati pekerjaan bahkan selalu tersiksa. Parahnya Anda pun selalu membenci segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan. Seolah-olah tak ada satu pun dari pekerjaan yang membuat enjoy.

Jika Anda merasakan ini mulailah berkemas. Karena melakukan pekerjaan yang sama sekali tidak cocok tidak akan membuat sehat. Lebih baik segera berburu mencari pekerjaan yang memuaskan. Nah sekarang coba renungkan. Apakah Anda merasakah salah satu atau lebih hal di atas? Jika ya dan alasan tersebut cukup kuat untuk pindah, segeralah angkat kaki dari perusahaan. Kemudian mulailah memburu pekerjaan yang akan membuat puas dan senang.

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment