Saka Adhyasta Pemilu untuk Perkuat Pengawasan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 4 2020
No Comments
JEDA

Saka Adhyasta Pemilu untuk Perkuat Pengawasan

Saka Adhyasta Pemilu untuk Perkuat Pengawasan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

DENPASAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bali dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali sepakat membentuk Satuan Karya (Saka) Adhiyasta Pemilu untuk memperkuat pengawasan dalam Pemilu maupun Pilkada. Pelibatan Pramuka yang diberi nama Saka Adhiyasta ini diharapkan dapat mendorong Pemilu berintegritas.

“Dengan dibentuknya Saka Adhyasta, kami harapkan dapat berperan aktif menjadi agen perubahan di tengah masyarakat. Mereka bisa menyampaikan pentingnya menyalurkan hak pilih untuk memilih pemimpin daerah dan pemimpin bangsa, serta menyampaikan hal-hal yang dilarang dalam Pilkada dan Pemilu,” kata Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Bali, Ida Bagus Putu Adinatha, di Denpasar, Selasa (18/2).

Menurut Adinatha, keikutsertaan Pramuka mengawal dan mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu akan menguatkan jajaran Bawaslu dari sisi pengawasan. Mereka belum terkontaminasi dengan kepentingan politik praktis, sehingga diharapkan Saka Adhyasta Pemilu yang dicanangkan dapat mengawal demokrasi yang berkualitas dan bermartabat. Pelantikan pengurus Saka Adhyasta Pemilu akan dilangsungkan pada Maret 2020.

Sementara itu Ketua Kwarda Bali, I Made Rentin mengatakan Gerakan Pramuka merupakan wujud organisasi masyarakat dan dalam organisasi ini, anggota mendapat pembelajaran berorganisasi dan pelatihan skill. Gerakan ini mempunyai potensi besar turut berpartisipasi dalam mengawasi Pemilu. Ant/N-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment