Singapura Umumkan Adanya Seorang Terinfeksi Virus Korona | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 26 2020
1 Comment
Wabah Penyakit Menular

Singapura Umumkan Adanya Seorang Terinfeksi Virus Korona

Singapura Umumkan Adanya Seorang Terinfeksi Virus Korona

Foto : STR/AFP
GUNAKAN PAKAIAN PELINDUNG I Staf medis mengenakan pakaian pelindung di rumah sakit Zhongnan di Wuhan, Hubei, Tiongkok, Kamis (22/1).
A   A   A   Pengaturan Font

SINGAPURA – Kementerian Ke­sehatan (Ministry of Health/MOH) Singapura mengumumkan terdapat satu kasus positif virus korona. De­ngan demikian, hingga Kamis (23/1), jumlah penderita yang terinfeksi vi­rus menjadi 615 orang, yang terse­bar di Tiongkok sebanyak 600 orang, Thailand empat orang, Hong Kong dua orang, Makau dua orang, Viet­nam dua orang, Taiwan satu orang, Korea Selatan satu orang, Jepang satu orang, Amerika Serikat satu orang, dan Singapura satu orang.

Diberitakan, pria berusia 66 ta­hun yang diketahui berasal dari Wu­han itu tiba di Singapura pada Senin (20/1), bersama dengan sembilan orang lainnya. Dia datang dengan menumpang pesawat China South­ern Flight CZ351 yang terbang me­lalui Guangzhou. Korban mengeluh sakit tenggorokan ketika berada di dalam pesawat. Awalnya, dia tidak mengalami demam. Namun sehari kemudian, demam menyerang tu­buhnya disertai dengan batuk.

Dua hari berselang, pria ini me­ngunjungi Singapore General Hospi­tal (SGH), yang kemudian dia dengan kilat diisolasi. Tim dokter curiga pria itu telah tertular virus yang juga ber­nama nCoV itu. Rumah sakit mendi­agnosa pria itu terkena pneumonia, dan segera melaporkan kasusnya ke Kementerian Kesehatan Singapura.

Pria itu dipastikan terinfeksi virus korona pukul 18.00 waktu setempat. Saat ini, dia diisolasi dan dalam kon­disi stabil dan tidak berbahaya untuk keselamatan publik.

Virus korona pertama kali mere­bak di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiong­kok. Kini, Kota Wuhan yang berpen­duduk 11 juta jiwa telah diisolasi. Selain Wuhan, Kota Huanggang, yang berpenduduk enam juta orang, dan Kota Ezhou juga diblokir guna men­cegah penyebaran virus korona.

Arus transportasi umum, baik yang masuk maupun keluar, dari ko­ta-kota yang diisolasi itu secara efek­tif telah ditutup. Warga diminta untuk tetap berada di dalam kota. Sejumlah penerbangan dari dan ke Wuhan juga telah dibatalkan.

Perayaan Imlek Dibatalkan

Sementara itu, pihak berwenang di Beijing telah membatalkan semua perayaan Tahun Baru Imlek secara besar-besaran guna mencegah pe­nyebaran virus korona. Rencananya, perayaan Tahun Baru Imlek berlang­sung mulai tanggal 25 Januari hingga 8 Februari 2020.

Biro Kebudayaan dan Pariwisata Beijing mengungkapkan pembatalan perayaan itu juga termasuk pameran kuil yang dilaksanakan di Beijing pada Kamis (23/1). Pembatalan perayaan tersebut dilakukan demi mengurangi pengumpulan massa.

Sementara itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, virus korona lebih mudah menyebar dari orang ke orang daripada yang diper­kirakan sebelumnya. “Kami sekarang melihat penyebaran generasi kedua dan ketiga,” ujar Ketua Komite WHO, David Heymann. Ant/SCMP/SB/AR-2

Klik untuk print artikel

View Comments

jessi
Minggu 26/1/2020 | 21:47
Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys...

Submit a Comment