Koran Jakarta | July 21 2017
No Comments
Aksi Kemanusiaan

Stok Darah Aman Hingga Lebaran

Stok Darah Aman Hingga Lebaran

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Palang Merah Indonesia (PMI) memastikan persediaan darah di sejumlah daerah untuk kebutuhan selama Ramadan hingga Lebaran masih terkendali dan cukup. Hal ini karena partisipasi masyarakat untuk ikut program donor darah terus meningkat sehingga menambah persediaan darah.

Wakil Bendahara PMI Pusat, J Dwi Hartanto, mengatakan masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan persediaan darah. “Sebab sekarang ini sudah ada sistem informasi darah. Bagi pasien yang membutuhkan darah, tidak perlu mencari ke mana-mana, cukup rumah sakit dan dokter yang menginformasikan ke PMI, nanti darahnya dikirim.

Jika di Jakarta kosong, bisa minta ke Bekasi atau Tangerang,” kata Dwi disela-sela Gerakan 10.000 Kantong Darah yang diadakan ITC Group di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Sabtu (17/6). Dwi menambahkan, gerakan masyarakat mendonorkan darah merupakan anugerah bagi PMI, apalagi dilakukan di bulan puasa.

“Kegiatan donor darah tentunya sangat membantu. Apalagi biasanya pada Ramadan stok darah menurun, namun sekarang ini justru permintaan meningkat. Semoga program donor seperti ini bisa terus dilanjutkan,” katanya. Terkait dengan Gerakan 10.000 Kantong Darah, Dwi mengapresiasi program yang dilaksanakan ITC Group yang berlangsung sukses.

“Angka 10 ribu bukan angka yang kecil, apalagi bisa diperoleh dalam waktu selama empat bulan. Ini luar biasa. Di beberapa wilayah PMI, malah untuk mendapatkan 1.000 kantong selama satu tahun saja sulit,” katanya. Sementara itu, ITC Division Head, Christine N Tanjungan, mengatakan Gerakan 10.000 Kantong Darah dengan tema Darahku Bukti Cinta untuk Sesama 10 pusat perbelanjaan yang tergabung dalam ITC Group telah dimulai sejak Februari lalu.

“Selain merupakan bentuk kegiatan CSR perusahaan yang menyuarakan solidaritas kemanusiaan kepada masyarakat, acara ini juga digelar untuk menumbuhkan kepedulian akan kebutuhan darah di PMI bagi masyarakat yang membutuhkan, serta membantu PMI dalam memenuhi stok darah menyambut Ramadan dan Lebaran 2017,” katanya.

Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat yang ada di dalam dan sekitar Pusat Belanja ITC, meliputi pedagang, karyawan pedagang, pengunjung, karyawan pengelola, outsourcing, dan masyarakat sekitar. “Kebanyakan peserta pemula sehingga berpotensi menjadi pendonor tetap,” jelasnya. Selama kegiatan, ITC bekerja sama dengan 9 PMI, yakni PMI Provinsi DKI Jakarta, PMI Kota Jakarta Utara, PMI Kabupaten Bogor, PMI Kota Depok, PMI Kota Sukabumi, PMI Kabupaten Sukabumi, PMI Kota Tangerang, PMI Kabupaten Tangerang, dan PMI Kota Tangerang Selatan. yok/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment