Suhu Lautan pada 2019 Lampaui Rekor Terpanas | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 24 2020
No Comments

Suhu Lautan pada 2019 Lampaui Rekor Terpanas

Suhu Lautan pada 2019 Lampaui Rekor Terpanas

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK – Sebuah studi yang dirilis pada Senin (13/1) menyebutkan bahwa tahun lalu suhu lautan telah memecahkan rekor terpanas dan rekor ini merupakan bagian dari tren pemanasan jangka pangang.

"Jika kita telaah suhu lautan, maka 2019 merupakan yang terpanas. Sebelumnya pada 2018 menduduki rekor urutan nomor 2, 2017 pada rekor urutan nomor 3, 2015 menempati urutan nomor 4, dan 2016 pada rekor urutan ke-5,” kata Kevin E Trenberth, peneliti senior di National Center for Atmospheric Research yang juga penulis untuk studi ini yang dipublikasikan pada jurnal Advances in Atmospheric Sciences.

Sebelumnya pada pekan lalu, para ilmuwan Eropa mengatakan bahwa suhu pada permukaan Bumi pada 2019 tercatat sebagai rekor ke-2 terpanas dalam sejarah.

Pada pertengahnabad lalu, lautan menyerap sekitar 93 persen kelebihan panas yang disebabkan gas rumah kaca akibat aktivitas manusia seperti menggunakan batu bara untuk membangkitkan listrik. Penyerapan ini melindungi daratan dari efek terburuk atas meningkatnya emisi.

Menurut Zeke Hausfather, Direktur Iklim dan Energi pada Breakthrough Institute di California, Amerika Serikat, penyebab peningkatan panas di lautan merupakan akibat dari perubahan iklim pada Bumi.

Hausfather menambahkan bahwa peningkatan suhu lautan juga bisa membahayakan kehidupan di dalamnya seperti menyebabkan pemutihan terumbu karang (bleaching) dan menyebabkan sejumlah spesies ikan berpindah lokasi ke lautan yang lebih dingin. NYTimes/ils

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment