Sup Racikan Sendiri Bisa Lawan Malaria | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments
LINTAS NEGARA

Sup Racikan Sendiri Bisa Lawan Malaria

Sup Racikan Sendiri Bisa Lawan Malaria

Foto : AFP/JUAN MABROMATA
KHASIAT SUP | Seorang perempuan sedang membuat sup di dapur umum di Buenos Aires, Argentina, beberapa waktu lalu. Penelitian yang dilakukan tim periset dari Imperial College London, Inggris, pada Selasa (19/11) mengungkapkan bahwa sup buatan sendiri dengan kaldu dari ayam, daging atau sayuran, mungkin memiliki khasiat yang dapat membantu memerangi malaria.
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS – Sebuah penelitian terkini mengungkapkan bah­wa sup racikan sendiri dengan kaldu dari ayam, daging atau sayuran, mungkin memiliki khasiat yang dapat membantu memerangi malaria. Temuan ini disampaikan tim periset dari Imperial College London, Inggris, yang dipimpin oleh Jake Baum, dan dilaporkan dalam jurnal Archives of Disease in Childhood edisi Selasa (19/11).

“Sejauh ini belum diketahui bahan apa dari sup tersebut yang memiliki khasiat antimalaria. Oleh karena itu kita ha­rus meneliti dan menemukan bahan ajaib itu,” kata Baum.

Dalam penelitiannya, Baum telah meminta murid-mu­rid SDN Eden untuk membawa sup berkaldu bening racikan sendiri yang dibuat untuk menurunkan demam dan dibuat dari resep turun-temurun keluarga murid-murid tersebut. Murid-murid SD itu berasal dari beragam etnik dari benua Eropa, Afrika Utara dan Timur Tengah.

Dari 56 sampel sup yang diuji, ada 5 sampel sup yang di­atas tingkat 50 persen sangat efektif untuk mengalangi para­sit Plasmodium falciparum untuk tumbuh jadi dewasa. Dua sampel sup itu bahkan khasiatnya sama dengan khasiat satu obat malaria yang beredar saat ini. SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment