Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments
Pengendalian Lingkungan

Tiongkok Luncurkan Program Kota Tanpa Limbah

Tiongkok Luncurkan Program Kota Tanpa Limbah

Foto : ISTIMEWA
Pengolahan sampah menjadi energi listrik di Shenzhen, Tiongkok.
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Pemerintah Tiongkok meluncurkan program Kota Tanpa Limbah dengan tujuan mengurangi timbunan limbah padat dan mendorong daur ulang di 10 kota besar. Proyek percontohan itu menggeser cara lama menimbun sampah di tempat pembuangan akhir atau insinerasi menuju sistem limbah terintegrasi yang tidak berbahaya.

“Tiongkok sedang berinovasi pada teknologi insinerator yang tidak perlu limbah untuk dideportasi, untuk menghasilkan listrik tanpa menimbulkan polusi. Tapi, kita harus waspada dengan peluru perak,” kata Direktur Forum Lingkungan Tiongkok daei Wilson Center, Jennifer Turner, seperti dikutip Financial Times edisi Senin (8/7).

Diperoleh informasi, penasihat kebijakan pengelolaan limbah Tiongkok, Liu Xiao, telah menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk melihat pabrik pengolahan limbah organik di seluruh negeri. Meskipun lelah, tapi dia harus siap membantu Presiden Xi Jinping dalam mewujudkan visi Tiongkok yang indah.

Tugas Liu adalah memberikan bantuan teknis kepada pemerintah dan perusahaan yang sedang menguji coba teknologi terbaru dalam mengubah limbah menjadi energi, dengan cara memanfaatkan metana. Meskipun menggunakan peralatan canggih, tapi metode itu tetap berdasarkan prinsip kerja yang sederhana.

Sampah organik yang terurai di lingkungan terbuka seperti tempat pembuangan sampah akan mengeluarkan metana, gas rumah kaca yang kuat. Teknologi itu bekerja mengumpulkan gas dan digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik, dari pada dibiarkan merusak lapisan atmosfer.

Penangkapan metana bukan hal yang baru, tetapi adopsi dalam skala luas untuk negara berpenduduk terpadat di dunia itu dapat secara signifikan mengurangi polusi tanah serta membantu masalah krisis energi. Menurut data resmi, kotakota di Tiongkok menghasilkan lebih dari 280 juta ton sampah atau limbah per tahun. 

 

AFP/SB/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment