Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | September 30 2020
iklan koran jakarta

Perekonomian Indonesia Semakin Memburuk

Rabu 30/9/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» PDB Indonesia pada 2020 direvisi turun dari 0 persen jadi -1,6 hingga -2 persen. » Segera reformasi fiskal karena defisit dan utang akan meningkat selama...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Perekonomian Indonesia Semakin Memburuk

Rabu 30/9/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

» PDB Indonesia pada 2020 direvisi turun dari 0 persen jadi -1,6 hingga -2 persen.

» Segera reformasi fiskal karena defisit dan utang akan meningkat selama pandemi.

 

JAKARTA – Bank Dunia dalam laporannya bertajuk From Containment to Recovery un­tuk edisi Oktober 2020 merevisi turun pereko­nomian Indonesia. Semula lembaga tersebut memperkirakan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sepanjang tahun ini bakal stagnan atau 0 persen, kini lebih buruk dengan kon­traksi 1,6 hingga 2 persen.

Penyebab lebih turunnya proyeksi tersebut karena Indonesia dinilai belum menemukan metode yang efektif untuk mengurangi penam­bahan kasus baru Covid-19.

Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Asia Ti­mur dan Pasifik, Aaditya Matoo, mengatakan pandemi Covid-19 menyebabkan aktivitas eko­nomi jauh melambat dibandingkan tahun se­belumnya.

“Covid-19 akan mengakibatkan dampak ber­kepanjangan pada angka pertumbuhan inklusif karena mempengaruhi investasi, modal manu­sia, dan produktivitas,” ujar Matoo dalam konfe­rensi pers virtual, Jakarta, Selasa (29/9).

Matoo memberikan beberapa rekomendasi agar pemulihan ekonomi bisa berjalan dengan baik. Menurut dia, pemerintah perlu mening­katkan kapasitas pencegahan penyebaran virus korona, kerja sama internasional juga perlu di­lakukan untuk pengembangan vaksin korona dan menyiapkan pendistribusiannya secara efisien dan adil.

Reformasi Fiskal

Lebih lanjut, Bank Dunia memberikan reko­mendasi agar pemerintah mulai melakukan re­formasi fiskal karena belanja pemerintah yang besar selama pandemi ini akan memperlebar defisit dan meningkatkan utang.

Perlindungan sosial memiliki peranan pen­ting untuk saat ini karena memberikan tiga pe­ranan sekaligus, yakni memitigasi dampak lang­sung dari krisis, membantu para pekerja yang terdampak korona, hingga mencegah terjadinya penurunan jangka panjang pada modal manusia.

“Terakhir, negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik perlu memperkuat reformasi di bi­dang perdagangan, terutama sektor layanan yang masih diberikan perlindungan, sektor ke­uangan, transportasi, komunikasi,” ujarnya.

Pandemi, tambahnya, juga menyebabkan Indonesia kehilangan momentum karena pada dasarnya ekonomi Indonesia berpeluang sa­ngat baik untuk tumbuh tahun ini, jika tak ada pandemi Covid-19.

“Indonesia memiliki momentum yang luar biasa, salah satu negara yang memiliki bera­gam industri manufaktur setelah masa krisis keuangan,” jelasnya.

Namun demikian, kinerja industri manufak­tur Indonesia tidak sekencang negara-negara lain untuk menopang ekonominya. Ini disebab­kan tidak terhubungnya rantai perdagangan Indonesia dengan perdagangan internasional. “Meski demikian banyak terjadi kelesuan, dan Indonesia belum benar-benar terintegrasi de­ngan global supply chain,” ungkapnya.

Sebab itu, sudah seharusnya Indonesia tidak hanya mengandalkan kekuatan pasar domestik semata. Percepatan pemulihan ekonomi bisa terjadi jika pemerintah melakukan reformasi struktural di sektor perdagangannya.

Lebih Lambat

Menanggapi review Bank Dunia itu, Eko­nom Bank Permata, Josua Pardede, mengata­kan ekonomi global dan nasional masih terus diliputi ketidakpastian Covid-19. Proyeksi Bank Dunia itu mengindikasikan lambatnya pemu­lihan ekonomi akibat kurva Covid-19 tak kun­jung melandai.

“Pemulihan ekonomi Indonesia bisa lebih lambat dari perkiraan awal karena kurva kasus Covid-19 masih menunjukkan tren peningkat­an sementara sebagian besar negara lainnya cenderung sudah menghadapi second wave dari Covid-19,” kata Josua.

Dia mengimbau agar pemerintah lebih mendisiplinkan masyarakat dalam menerap­kan protokol kesehatan, serta mempercepat penyerapan anggaran kesehatan khususnya yang dialokasikan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Sementara itu, pakar kebijakan publik Uni­versitas Airlangga Surabaya, Falih Suaedi, me­ngatakan penilaian Bank Dunia sangat logis, karena pemerintah belum memiliki roadmap dan implementasi kebijakan penanganan Co­vid-19 yang jelas dan konsisten.

“Metode pengendalian pandemi terlihat try and error karena masih adaptasi. Roadmap pe­nanganan yang komprehensif belum muncul, sementara implementasi kebijakannya masih bolong-bolong dan kurang konsisten,” kata Falih.

n uyo/SB/E-9

Tampilkan Semua

Alihkan Belanja Kementerian yang Belum Terserap ke Sektor Produktif

Rabu 30/9/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pemerintah dan DPR, dipandang perlu menyiap­kan mekanisme perubahan dis­tribusi anggaran yang tidak ter­serap di kementerian/lembaga. Mekanisme tersebut diharapkan mengatur pengalihan anggaran yang tidak...
Selengkapnya

Petugas Kesulitan Lakukan “Tracing”

Rabu 30/9/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Tes Covid-19 di Tanah Air masih kurang. Padahal, tes tersebut merupakan kunci pencegahan penularan Covid-19, selain tracing dan treatment (3T) yang harus dimasifkan.   JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 masih kesulitan...
Selengkapnya

SIMULASI PENYELAMATAN KAPAL

Rabu 30/9/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
SIMULASI PENYELAMATAN KAPAL I Sejumlah prajurit TNI AD melakukan simulasi penyelamatan kapal ADRI (Angkatan Darat Republik Indonesia) LI (lima satu) yang mengalami kendala di perairan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (29/9). Kapal...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Sekitar 280.000 Anak Sekolah AS Terjangkit Virus Korona

Rabu 30/9/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Hampir 280.000 anak usia sekolah di Amerika Serikat (AS) terinfeksi virus korona antara periode 1 Maret hingga 19 September. Laporan itu diungkapkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (US Centers for Disease Control and Prevention/CDC) AS dalam laporan yang dipublikasikan Senin (28/9) lalu.

“Jumlah itu mewakili sekitar empat persen dari total kasus Covid-19 di AS selama periode ini, dengan anak-anak berusia 12-17 tahun kira-kira dua kali lebih mungkin terinfeksi dibandingkan mereka yang berusia 5-11 tahun,” demikian laporan CDC.

Jumlah kasus baru virus korona terus meningkat selama musim semi dan kemudian meningkat selama musim panas dengan puncaknya terjadi pada 19 Juli dengan angka laporan mingguan rata-rata 37,9 per 100.000.

Kasus-kasus baru kemudian berhenti selama beberapa pekan sebelum turun pada akhir Agustus, meskipun tampaknya sekarang meningkat lagi.

Para penulis laporan ini menyampaikan bahwa data yang mereka peroleh bisa membantu menetapkan dasar untuk memantau tren infeksi Covid-19 karena beberapa sekolah akan kembali melaksanakan proses belajar mengajar tatap muka dalam beberapa bulan mendatang.

"Studi di sekolah ini menunjukkan bahwa proses belajar mengajar secara tatap muka bisa aman di komunitas dengan tingkat penularan SARS-CoV-2 yang rendah, tetapi mungkin meningkatkan risiko penularan di komunitas di mana penularannya sudah tinggi," kata mereka.

Laporan tersebut memberikan lebih banyak data untuk tren yang sudah diketahui, seperti bahwa kelompok minoritas Hispanik dan kulit hitam berada pada risiko tinggi menularkan Covid-19 yang parah, seperti halnya pada anak-anak.

Secara keseluruhan, 277.285 anak terinfeksi, 3.240 dirawat di rumah sakit (atau 1,2 persen); 404 dirawat di perawatan intensif (0,1 persen), dan 51 meninggal (0,01 persen).

Tingkat rawat inap yang sebenarnya, masuk perawatan intensif dan kematian, cenderung lebih rendah pada kenyataannya karena jumlah sebenarnya dari anak-anak yang terinfeksi mungkin jauh lebih tinggi dan tidak tercatat, mengingat banyaknya jumlah kasus tanpa gejala.

Meskipun risiko terhadap anak-anak relatif rendah, para ahli kesehatan lebih khawatir tentang risiko penularan yang dapat ditularkan oleh anak-anak kepada orang tua atau kakek-nenek mereka.

Anak-anak dalam kelompok 5-11 menyumbang 101.503 kasus dan 20 kematian sedangkan anak-anak dalam kelompok 12-17 menyumbang 175.782 kasus dan 31 kematian.

Tingkat infeksi sangat bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lain dan penulis laporan ini menekankan bahwa otoritas lokal harus memantau situasi dengan cermat untuk sampai ada keputusan terbaik tentang mulai diberlakukannya proses belajar mengajar tatap muka langsung. AFP/I-1

 

Tampilkan Semua

Menlu “Quad” Bertemu Lawan Dominasi Tiongkok di Indo-Pasifik

Rabu 30/9/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font
TOKYO – Jepang ingin meneguh­kan kembali sikapnya dan membe­ri sinyal bahwa negara tersebut siap berdiri teguh melawan dominasi Tiongkok di kawasan Indo-Pasifik. Sinyal itu terlihat saat Perdana Menteri Yoshihide Suga...
Selengkapnya

PBB: Korut Telah Langgar Sanksi Nuklir

Rabu 30/9/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL - Korea Utara (Korut) telah melanggar sanksi internasional yang ditujukan untuk mengekang program nuklirnya dengan melampaui batasan impor minyak bumi dan mengirim pekerjanya ke luar negeri. Hal itu disampaikan Perserikatan...
Selengkapnya

Sekjen PBB: Covid-19 Telah Merenggut Lebih dari 1 Juta Jiwa

Rabu 30/9/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
NEW YORK – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, mengatakan korban virus korona di seluruh dunia sudah melewati angka satu juta jiwa per Selasa. Pencapaian tersebut memberi­kan gambaran betapa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

4 Kasus Baru Covid-19 Dideteksi di Kulon Progo

Senin 28/9/2020 | 09:27
A   A   A   Pengaturan Font

KULON PROGO - Empat kasus baru Covid-19 dideteksi di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu (27/9) sehingga jumlah akumulatif kasus infeksi virus korona tipe baru di wilayah itu bertambah menjadi 164 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati, di Kulon Progo, Senin (28/9), mengatakan empat pasien yang baru dikonfirmasi terserang Covid-19 terdiri atas lelaki 45 tahun warga Galur, perempuan 62 tahun warga Wates, pria 54 tahun warga Kalibawang, dan pria 38 tahun warga Pengasih.

Menurut dia, satu dari pasien yang baru dirawat di Rumah Sakit Panembahan Senopati, satu dirawat di Rumah Sakit dr Sardjito, satu dirawat di RSPKU, dan satu menjalani isolasi mandiri.

Tiga dari empat pasien itu punya riwayat kontak dengan pasien Covid-19 dan satu lainnya punya riwayat perjalanan dari Bekasi. Baning mengatakan penelusuran riwayat kontak empat pasien baru itu telah dilakukan untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Ia mengatakan jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 di Kulon Progo pada Minggu (27/9) juga bertambah empat, semuanya warga Wates.

"Dalam dua hari terakhir, sembilan pasien yang sembuh. Kita berdoa, semoga pasien yang masih dirawat juga segera sembuh," katanya.

Menurut data terkini pemerintah, jumlah akumulatif pasien yang dikonfirmasi sakit Covid-19 di Kulon Progo sebanyak 164 orang dengan perincian 20 orang menjalani isolasi di rumah sakit, 45 orang menjalani isolasi mandiri, 95 orang sudah sembuh, dan empat orang meninggal dunia.

Di wilayah kecamatan/kapanewon, kasus Covid-19 paling banyak dilaporkan di Wates dan Pengasih dengan masing-masing 26 kasus disusul Kokap (25), Lendah (21), Temon (19), Sentolo (19), Galur (13), Panjatan (5), Nanggulan (4), Kalibawang (3), dan Samigaluh (2).

"Sampai hari ini, ada satu kecamatan/kapanewon yang nol kasus, yakni Girimulyo," kata Baning. Ant/N-3

Tampilkan Semua

Muara Berbagai Bantuan Sosial

Rabu 26/8/2020 | 13:21
A   A   A   Pengaturan Font
Bantuan sosial (bansos) merupakan salah satu jaring pengaman sosial masyarakat terdapak pandemi, saat ini Covid-19. Langkah ini juga sebagai upaya menekan peningkatan jumlah orang miskin. Bantuan juga diharapkan dapat mengungkit daya...
Selengkapnya

BukuKas Galang Dana untuk Digitalisasi UMKM Indonesia

Selasa 25/8/2020 | 18:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - BukuKas, aplikasi keuangan digital untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia mengumumkan putaran pendanaan Pra-Seri A sebesar 9 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan 134 miliar rupiah. Pendanaan...
Selengkapnya

Facebook Blokir Pendukung Presiden Jair Bolsonaro secara Global

Minggu 2/8/2020 | 17:33
A   A   A   Pengaturan Font
  Brasilia - Facebook menyatakan pada Sabtu (1/8) bahwa pihaknya melakukan pemblokiran secara global terhadap akun-akun tertentu yang dikelola oleh pendukung Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang terlibat dalam penyelidikan berita...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Layanan Perbankan

Rabu 30/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Olahan Kopi

Rabu 30/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Pemanfaatan Limbah

Rabu 30/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Pengelolaan Fiskal agar “Prudent”

Rabu 30/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah arahkan anggaran belanja pemerintah ke depannya untuk mendukung peningkatan daya beli di masyarakat yang tertekan.     JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengesahkan Rancangan Undang-Undang Anggaran...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pedagang Kaki Lima di Malioboro Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan

Selasa 29/9/2020 | 05:25
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA- Pedagang kaki lima di kawasan utama wisata Malioboro menegaskan selalu disiplin menjalankan seluruh protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 sekaligus mencegah berulangnya temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang sempat dialami sejumlah pedagang kaki lima di kawasan tersebut.

“Sampai sekarang, saya pastikan seluruh pedagang kaki lima (PKL) patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Imbauan untuk menjalankan protokol kesehatan juga terus kami lakukan. Kami ingatkan terus,” kata Ketua Kelompok 10 Paguyuban PKL Tridharma Malioboro Paul Zulkarnaen di Yogyakarta, Senin (28/9) seperti dikutip Antara.

Menurut dia, pedagang kaki lima yang berada di bawah paguyuban tersebut selalu diminta untuk memakai masker dengan benar, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Selain itu, pedagang kaki lima yang dinilai memiliki kontak dengan pedagang yang sempat dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 mematuhi imbauan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menutup sementara lapaknya.

“Sampai saat ini pun, mereka masih libur sementara. Ada enam lapak yang libur karena pedagang diminta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Tempat jualannya dikosongkan,” katanya.

Paul menyebut, pedagang kaki lima di Malioboro yang sangat mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata mengalami pukulan yang cukup berat akibat pandemi Covid-19 karena jumlah wisatawan yang berkunjung mengalami penurunan signifikan.

“Pada pertengahan Agustus, saat ada libur akhir pekan yang cukup panjang, jumlah wisatawan memang naik. Sudah mau bangkit, tetapi kemudian muncul kasus positif Covid-19 sehingga suasana menjadi kembali sepi. Tetapi, kami tetap semangat berjualan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Maryustion Tonang mengatakan, penerapan protokol kesehatan di Malioboro tidak hanya sebatas pada kewajiban penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan tetapi dilakukan berbagai upaya tambahan untuk menegaskan pelaksanaan protokol kesehatan.

Sejumlah upaya tersebut di antaranya kewajiban pengunjung untuk memindai QR Code dan mengisikan berbagai data. Data tersebut akan digunakan untuk mempercepat proses tracing apabila terjadi penularan di Malioboro.bud/E-9

Tampilkan Semua

Bawang Putih Asal Batang Tembus Pasar Taiwan

Selasa 29/9/2020 | 05:15
A   A   A   Pengaturan Font
BATANG- Budidaya tanaman bawang putih asal Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mampu menembus pasar Taiwan. "Ekspor bawang putih yang dilakukan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kecamatan Bawang, bukan untuk konsumsi...
Selengkapnya

Konsumsi Ikan Akan Meningkatkan Imunitas

Selasa 29/9/2020 | 05:10
A   A   A   Pengaturan Font
PADANG- Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang mengajak warga lebih banyak mengonsumsi ikan karena dapat meningkatkan imunitas tubuh (daya tahan tubuh) untuk menangkal Covid-19. "Ikan merupakan makanan yang sehat serta bergizi...
Selengkapnya

Tol Pekanbaru-Dumai Bakal Dorong Perekonomian

Selasa 29/9/2020 | 05:05
A   A   A   Pengaturan Font
PEKANBARU- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau meyakini keberadaan tol Pekanbaru-Dumai yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo mampu membangkitkan perekonomian daerah yang dilintasi atau penyangga di masa datang. Kepala...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Pasar Kendaraan Hybrid Makin Menjanjikan

Selasa 29/9/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Direktur Marketing PT. Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi optimistis pasar kendaraan hybrid ke depannya semakin menjanjikan. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir permintaannya meningkat signifikan. Bahkan selama pandemi ini, permintaannya tetap tinggi.

Tren itu sangat berubah dibanding sepuluh tahun lalu yang mana demand kendaraan lebih ramah lingkungan ini masih sangat kecil. Jika selama pandemi saja permintaannya tetap bagus, apa lagi kalau tidak ada pandemi.

“Kami melihat marketnya sangat prospektif ke depannya. Tiga tahun terakhir demand-nya sangat meningkat, jauh dibanding sepuluh tahun lalu,”ungkap Anton Jimmy saat menggelar Workshop Wartawan Industri di Jakarta, Selasa (29/9).

Anton mencontohkan penjualan Corolla Cross yang  penjualan sebulannya di luar perkiraan manajemen. Perkiraan awal penjualannya hanya 200 unit sebulan, namun faktanya ternyata sebanyak 500 unit.

Hal yang sama juga untuk varian lainnya seperti Toyota Camry, yang mana setelah diluncurkan permintaan untuk jenis Hybridnya langsung melejit hingga 15 sampai 20 persen dari total penjualan. Kondisi yang sama juga dengan Toyota CHR.

Lebih lanjut Anton menjelaskan soal kondisi pasar saat ini. Dirinya mengakui market benar-benar drop pada April selama pekan-pekan awal pandemi Covid-19, namun sejak Juni sudah berangsur-angsur pulih hingga Agustus.

“Market share bahkan meningkat menjadi 31,7 persen pada Agustus kemarin. Jika dibandingkan Agustus 2019 peningkatan market  share-nya hanya 13,4 persen,”tambah Anton.

Di saat pandemi ini perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Selain dengan cara peluncurkan produk baru juga skema promo dan marketing digital yang harus benar-benar sampai di konsumen.

“Selama pandemi ini konsumen yang membeli dengan menjadikan promo digital sebagai medium mencapai 4-5 persen. Info awalnya melalui digital, lalu merela follow up,”terang Anton

Ketika ditanya soal target penjualan tahun ini, Anton pesimis jika penjualannya bisa mencapai 600 ribu unit sesuai dengan prediksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). “Rupanya di bawah itu (600 ribu), namun harapannya sampai 550 ribuan ke ataslah,”harapnya.

Kembangkan Properti

Wakil Presiden Astra Properti Nilawati Irjani, menambahkan sebagai pilar ketujuh bisnis Astra, perusahaannya tetap menjalankan bisnis di tengah pandemi, termasuk pengembangan untuk sejumlah properti di beberapa titik di Jakarta.

“Kita tetap kerjakan agar bisa selesai sesuai target. Tentu ada penyesuian juga termasuk standar kesehatan yang diterapkan di properti kita,”pungkas Nilawati. ers/E-9

Tampilkan Semua

VW ID4 akan Lebih Lama Masuk ke Pasar Asia

Minggu 20/9/2020 | 14:05
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Calon konsumen mobil listrik (electric vehicle/EV) Volkswagen di Asia tampaknya harus lebih lama menunggu kehadiran sport utility vehicle (SUV) VW ID4, karena perusahaan Jerman itu memilih Eropa dan Amerika sebagai pasar...
Selengkapnya

Tesla Menang Gugatan Kasus Pencurian Data Oleh Mantan Pegawai

Sabtu 19/9/2020 | 19:55
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Produsen mobil listrik AS, Tesla, memenangkan gugatan atas mantan pegawainya yang didepak dari perusahaan karena meretas data kemudian mengirimkan informasi itu kepada perusahaan pihak ketiga, menurut dokumen pengadilan pada...
Selengkapnya

Sepeda BMX Lahir Kembali dengan Penggerak Listrik

Minggu 13/9/2020 | 13:16
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Jika Anda mengingat sepeda BMX yang sempat populer di era 1990-an, kini sepeda berjenis urban lifetyle itu muncul kembali dengan fitur motor listrik. Perusahaan sepeda asal AS, Zooz Bikes, merilis tiga sepeda listrik bermodel...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun ke-22 Google

Minggu 27/9/2020 | 22:17
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Google genap berusia 22 tahun, yang dirayakan lewat Google Doodle hari ini dengan tema pembatasan sosial, yang sangat berkenaan dengan situasi pandemi saat ini.

Diketahui dari laman Doodles, Minggu (27/9), doodle perayaan ulang tahun Google kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada ulang tahun ke-10, ke-13 dan ke-18, misalnya, masing-masing huruf "Google" meniup lilin dan balon bersama-sama. Sementara, pada doodle tahun ini, tampak huruf "G" sedang merayakan ulang tahun, lengkap dengan topi, kado serta kue ulang tahun, bersama dengan huruf lain pada kata "Google," namun dilakukan lewat panggilan video.

Dalam laman Doodle, Google juga menceritakan kisah kelahiran perusahaan tersebut. Kisah Google berawal dari kampus Stanford, di mana sang pendiri, Larry Page dan Sergey Brin bertemu.

“Sebagai mahasiswa pascasarjana, keduanya berupaya meningkatkan cara orang berinteraksi dengan kekayaan informasi di World Wide Web (www.). Pada 1998, lahirlah Google,” demikian seperti dilansir Antara, Minggu.

Sedangkan, kata "Google" diambil dari "googol," konsep bilangan digit 1 diikuti oleh seratus nol. Sebutan ini dungkapkan 1920 oleh Milton Sirotta, keponakan dari ahli matematika Amerika Edward Kasner.

Kasner kemudian mempopulerkan konsep ini dalam bukunya "Mathematics and the Imagination" pada 1940. Selanjutnya, pada 2006, kata "Google" secara resmi ditambahkan ke Kamus Inggris Oxford sebagai kata kerja.

Google Doodle perayaan ulang tahun ke-22 Google ini menjangkau seluruh dunia.

Sementara itu, saat membuka laman Google Search hari ini, logo Google juga menjadi lebih semarak dengan taburan konfeti, huruf "G" mengenakan topi ulang tahun dan huruf "O" kedua berubah menjadi kado ulang tahun. I-1

Tampilkan Semua

Google Meet Gratis Batasi Rapat Hingga 60 Menit Mulai Akhir Bulan

Minggu 27/9/2020 | 22:10
A   A   A   Pengaturan Font
  JAKARTA - Google akan mulai mengenakan biaya untuk Meet mulai 30 September, dan setelah itu versi gratis untuk layanan konferensi video tersebut akan dibatasi tidak lebih dari 60 menit. Hal itu dipastikan Google kepada The...
Selengkapnya

Apple Kabarnya akan Hadirkan iPhone 12 Mini

Minggu 27/9/2020 | 21:40
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Apple akan mengumumkan empat iPhone baru akhir tahun ini, salah satu dari ponsel tersebut kabarnya akan dinamai "iPhone 12 mini." Julukan "mini" menjadi hal baru bagi iPhone, sementara Apple sebelumnya telah memanggil...
Selengkapnya

Nokia C1, Ponsel Tak Sampai 1 Juta Rupiah

Sabtu 26/9/2020 | 18:04
A   A   A   Pengaturan Font
  JAKARTA - HMD Global Indonesia meluncurkan ponsel entry level Nokia C1, dijual tidak sampai 1 juta rupiah. "Seiring kebutuhan konsumen di Indonesia untuk meng-upgrade dari ponsel fitur ke smartphone, kami ingin memastikan yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE BSD dan berjarak 40 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 
 
Hotel ini mulai dibangun dari 9 Desember 2017 dan akan beroperasi pada semester pertama di tahun 2021. Nantinya, Hotel Episode Gading Serpong akan dikelola oleh hospitality management yaitu JHL Collections yang merupakan salah satu unit bisnis dari JHLGroup.
 
Hotel dengan interior yang unik ini menghadirkan konsep kebudayaan Banten ditengah bangunan seluas 55.000 m2. Provinsi Banten yang kental dengan kebudayaan lokalnya yakni Baduy dan Peranakan serta topologi yang bervariasi menjadi inspirasi utama yang dituangkan dalam konsep perhotelan dan desain Hotel Episode Gading Serpong.
 
Dengan hal itu maka para tamu akan disuguhkan pengalaman yang unik. Episode akan membawa para wisatawan mengenal lebih jauh tentang Banten dengan beragam aktivitas terkait kebudayaan Banten di dalam area hotel hingga paket wisata kebudayaan di daerah Banten. 
 
Terdapat 320 kamar yang memiliki 2 konsep utama yakni Baduy dan Peranakan dengan beberapa tipe, diantaranya adalah Deluxe Room, Family Room,dan Junior Suite untuk masing-masingkonsep.
 
Bangunan 28 lantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, terdapat Ballroom dan Exhibition Hall dengan kapasitas 1000 pax yang dapat digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, gathering, dan pameran. Selain itu, terdapat Mini Ballroom, 8 meeting rooms, swimming pool, gym, spa, gift shop, dan organic shop.
 
Episode juga mempunyai restoran dengan pengalaman bersanta pall day dining dan hotel ini akan mengenalkan makanan khas lokal banten di menu breakfast maupun a la carte.
 
Sesuai dengan makna kata Episode yaitu sepenggal peristiwa dalam kehidupan manusia yang berarti, managemen berharap pengalaman tamu saat menginap, menikmati layanan dan sajian di Hotel Episode Gading Serpong ini menjadi pengalaman yang berarti dalam hidup mereka. mza
 
” Unfolding history and retelling the story” – Hotel Episode Gading Serpong
Tampilkan Semua

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Manchester City Dapatkan Ruben Dias dari Benfica

Selasa 29/9/2020 | 18:55
A   A   A   Pengaturan Font

LISBON - Benfica telah menyetujui kesepakatan untuk menjual bek Ruben Dias ke Manchester City seharga 68 juta euro (1,1 triliun rupiah). Sementara Nicolas Otamendi bergerak ke arah yang berlawanan dalam kesepakatan terpisah seharga 15 juta euro. Demikian diumumkan klub raksasa Portugal itu, Selasa (29/9).

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam, Benfica mengatakan bahwa kesepakatan untuk Dias juga akan membuat City membayar ekstra 3,6 juta euro sebagai bonus potensial. “Kesepakatan itu bergantung pada pemain menyetujui kontrak dengan Manchester City,” demikian pernyataan klub asal  Lisbon itu.

Dias, 23, adalah produk akademi Benfica yang terkenal. Dia telah bermain sebanyak 19 kali di tim nasional Portugal. Dia mencetak gol pembuka Benfica dalam kemenangan 2-0 atas Moreirense pada akhir pekan lalu di liga Portugal.

Pelatih City, Pep Guardiola akan melihatnya sebagai bagian yang hilang dalam teka-teki di lini pertahanannya. Kebutuhan akan pemain anyar di lini pertahanan dibenarkan oleh kekalahan mengejutkan 2-5 dari Leicester City hari Minggu lalu.

Otamendi, 32, belum pernah digunakan oleh Guardiola pada  salah satu pertandingan City di Liga Inggris musim ini. Pemain internasional Argentina itu telah menghabiskan lima tahun di Inggris dan sebelumnya bermain di Portugal. Dia bermain di klub rival sengit Benfica, Porto antara 2010 hingga 2014. Untuk kepindahannya, Otamendi masih harus menjalani pemeriksaan medis.

Pelatih Benfica ,Jorge Jesus mengatakan pada akhir pekan bahwa menjual Dias diperlukan bagi klub untuk menyeimbangkan keuangan. Benfica kalah dari tim Yunani PAOK di babak kualifikasi ketiga Liga Champions yang mengakhiri harapan mereka untuk mencapai babak grup. ben/AFP/S-2

Tampilkan Semua

Liga Ditunda, PT LIB Akan Komunikasikan soal Subsidi Klub dan Pembiayaan

Selasa 29/9/2020 | 15:57
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menyebut bahwa pihaknya akan mengomunikasikan kembali soal subsidi klub dan semua pembiayaan setelah PSSI memutuskan menunda lanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim...
Selengkapnya

PSSI Tunda Lanjutan Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020

Selasa 29/9/2020 | 15:53
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - PSSI resmi menunda penyelenggaraan lanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 di tengah pandemi Covid-19 lantaran tidak mendapatkan izin keramaian dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). "Pihak Mabes Polri untuk...
Selengkapnya

Kiper Liverpool, Loris Karius Dipinjamkan ke Union Berlin

Selasa 29/9/2020 | 14:55
A   A   A   Pengaturan Font
LIVERPOOL - Kiper Liverpool, Loris Karius, akhirnya mendapatkan klub baru setelah dipinjamkan ke klub Bundesliga Jerman, Union Berlin. Karius kembali ke Jerman untuk pertama kalinya sejak bergabung ke Liverpool pada 2016, setelah ia...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Nasib Pekerja Migran Indonesia

Selasa 29/9/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kalau kondisi ini terus dibiarkan, martabat bangsa kita diinjak-injak oleh perusahaan di negara tersebut.

Perrlakuan tak manusiawi dan kekerasan seakan-akan tidak pernah berhenti menimpa tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran Indonesia (PMI) . Ini menjadi potret buram anak bangsa di negeri orang yang tidak kunjung terselesaikan hingga saat ini.

Mereka yang sering dijuluki pahlawan devisa tersebut mendapat perlakuan yang biadab oleh perusahaan tempatnya mencari nafkah. Negara kita seperti tidak berdaya melakukan diplomasi dengan negara-negara yang menjadi sasaran atau ditempati PMI itu mengais rezeki.

Kalau kondisi ini terus dibiarkan, tidak hanya buruh migran saja yang menjadi korban pelecehan. Yang lebih tragis lagi adalah martabat bangsa kita diinjak-injak oleh perusahaan di negara tersebut.

Negara yang besar seperti Indonesia ini seperti tidak bernyali atau mungkin kita memang negara lemah yang gampang dipermainkan. Melindungi warga negara di dalam negeri saja pemerintah masih tidak serius, apalagi warga negara yang ada di luar negeri.

Keberadaan Undang Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri seakan menjadi pepesan kosong yang tidak kuasa menghentikan tindak kekerasan dan tidak manusiawi terhadap PMI.

UU itu hanya menjadi bagian dari proyek legislasi yang tidak berimplikasi pada perbaikan dan penurunan angka kekerasan yang dialami PMI. Normatif dan tidak substansialis. Akhirnya, jauh panggang dari api.

Implementasi aturan yang dibuat juga masih jauh dari sempurna. Misalnya, banyak PMI tidak menerima pelatihan sebelum diberangkatkan oleh agensinya hingga pemalsuan dokumen identitas PMI di bawah umur agar dapat bekerja di luar negeri.

Lihat saja hasil investigasi AP terhadap buruh migran di perkebunan kelapa sawit di Malaysia dan Indonesia. Mereka tidak berdaya melawan karena paspor mereka ditahan oleh perusahaan. Bila melarikan diri, mereka akan ditangkap oleh aparat setempat dan dipenjara karena dianggap PMI ilegal.

Atau kasus Nirmala Bonat, PMI asal NTT yang mengalami perlakukan keji pada tahun 2004 dari majikannya Malaysia. Lalu, Sumiati, PMI asal NTB yang berniat mengubah nasib dan mencari sesuap nasi.

Atau kasus penganiayaan PMI Suyanti oleh majikannya. Penganiayaan terjadi sejak Desember 2016. Suyanti yang kala itu berusia 19 tahun dilaporkan disiksa menggunakan peralatan rumah tangga, seperti pisau dapur, gagang pel, dan payung. Suyanti mengalami cedera serius pada mata, tangan dan kaki, pendaharan di kulit kepala, serta patah tulang akibat penyiksaan itu.

Eksploitasi, kekerasan fisik, gaji tak dibayar sesuak kontrak, kekerasan seksual, bahkan makanan minuman yang tidak layak dikonsumsi mereka, jam kerja yang melebihi batas, itu menjadi masalah yang sering mereka alami

Alih-alih kesejahteraan dan kebahagiaan yang diperoleh, justru nasib sial, penyiksaan, penderitaan yang diraih di negeri orang.

Kita perlu mengingatkan para pemangku kepentingan di negeri ini. Selama negara ini berdiam atau hanya serius mengurusi devisa para PMI, tetapi abai dan lalai melindungi mereka dari perlakuan tidak manusiawi, maka kekerasan terhadap buruh migran ini tidak pernah berhenti. Jumlah kekerasan dan penyiksaan terhadap PMI tiap tahun akan semakin bertambah.

Sejatinya, negara harus hadir dan bertanggung jawab manakala terjadi kekerasan dan perlakuan tidak manusiawi yang melanda PMI di luar negeri, terlepas legal dan ilegalnya mereka.

Peran-peran politik luar negeri yang harus dioptimalkan oleh pemerintah melalui Menteri Luar Negeri (Menlu). Diplomasi tingkat tinggi selama ini kurang berjalan secara apik. Akibatnya, harga diri bangsa yang menjadi taruhannya.

Jika mencermati kasus kekerasan yang menimpa para PMI, pemerintah seharusnya tidak sekadar berorientasi pada profit melalui devisa para buruh PMI itu. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Kementerian Tenaga Kerja harus memaksimalkan regulasi yang sudah ada.

Pola komunikasi dengan para perusahaan penyalur tenaga kerja (PJTKI) perlu diintensifkan. Begitu juga pengawasan terhadap PJTKI yang ilegal perlu dimaksimalkan. ν

Tampilkan Semua

Bangun Papua dengan Hati

Senin 28/9/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Beri kesempatan lebih luas lagi kepada putra-putri terbaik Papua menduduki posisi penting, di pemerintahan, BUMN, dan di perusahaan swasta. Perrsoalan Papua seolah tak kunjung usai. Sejak Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada 1969 yang...
Selengkapnya

Disiplin Masyakarat Masih Rendah

Sabtu 26/9/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
Angka Covid-19 hanya bisa ditekan dengan meningkatkan tes swab dan disiplin masyarakat. Indonesia kembali mencetak rekor penambahan kasus harian pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Berdasarkan data pemerintah hingga Jumat (25/9), ada...
Selengkapnya

Sanksi Pidana Raperda Covid-19

Jumat 25/9/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sanksi pidana diharapkan akan menimbulkan efek jera bagi pelanggar. Agar efektif, proses persidangannya jangan berbelit-belit. Bila perlu sidang di tempat. Jakarta kembali menyumbang angka tertinggi penularan Covid-19 di Indonesia....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Kamera Swafoto Canggih

Selasa 29/9/2020 | 19:31
A   A   A   Pengaturan Font

Merek ponsel asal Tiongkok, Vivo, meluncurkan V20 dan V20 SE. Keduanya menawarkan keunggulan pada kemera dengan resolusi  hingga 44MP Eye Autofocus, dibalut dalam desain Ultra Sleek dengan tampilan gaya.

Ponsel yang bersaing dengan Samsung Galaxy M51 ini mendukung 4K selfie video. Dia memungkinkan konsumen memiliki pengalaman pengambilan video sangat detail dan dapat memaksimalkan kegiatan perekaman atau vlogging dengan hasil berkualitas.

Vivo V20 juga semakin canggih dengan fitur-fitur kamera depan lainnya, termasuk super night selfie, steadyface selfie video, dual-view video yang tersedia untuk kamera depan dan belakang. Juga  kemampuan selfie softlight band dan slo-mo selfie video.

Sementara itu, kamera utamanya memiliki sensor 64MP, multimode 8 MP (super wide-angle/super macro/depth camera) dan 2MP mono camera. Kamera belakang V20, hadir dengan beberapa fitur pendukung. Di antaranya super night mode, motion autofocus dengan smart zoom untuk mendeteksi dan menangkap objek yang bergerak.

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma, mengatakan, “Varian V-Series terbaru ini memberikan pilihan melengkapi kebutuhan konsumen akan smartphone untuk menangkap setiap momen berharga,” ujar dia dalam konferensi pers daring Selasa (29/9).

V20 tersedia fitur NFC multifunctions untuk transfer data, mengecek dan top-up uang elektronik hingga duplikat fungsi kartu akses di smartphone. Dibenamkan juga teknologi 33W flashcharge dengan kapasitas baterai 4000 mAh yang mampu mengisi daya hingga 65-66 persen hanya dalam 30 menit.

Dengan beberapa spefisikasi yang berbeda keduanya dibekali Vivo V20 dipasarkan dengan harga 4,999 juta rupiah, sedangkan harga Vivo V20 SE dibanderol 3,999 juta rupiah. Hay/G-1

 

Tampilkan Semua

Bila Sesak Napas, Segera ke Dokter

Selasa 29/9/2020 | 13:38
A   A   A   Pengaturan Font
Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PP Perki) dr Isman Firdaus, mengatakan kalau nyeri dada segeralah mendapat pertolongan dokter, meski di tengah pandemi . "Orang berpenyakit jantung...
Selengkapnya

Lomba Jurnalistik Kominfo Soal Covid-19

Selasa 29/9/2020 | 13:35
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar lomba jurnalistik tahunan, Anugerah Jurnalistik Kominfo 2020, dengan tema bangkit melawan pandemi COVID-19. "Saya mohon rekan-rekan jurnalis tak kendor menggedor pintu-pintu hati...
Selengkapnya

Bocah Lahir Prematur Itu Sukses Menggalang Dana untuk Anak Miskin

Selasa 29/9/2020 | 13:23
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk menjadi sambungan tangan Tuhan, tidak perlu menunggu dewasa, yang penting mau. Itulah yang dilakukan Alice Jones. Bocah yang baru berusia tujuh itu sudah rajin menggalang dana untuk karya sosial. Baru-baru ini dia menggalang dana...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

36 Kecamatan di Kabupaten Bogor Berstatus Zona Merah

Selasa 29/9/2020 | 23:33
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Jawa Barat mencatat 36 kecamatan di wilayahnya berstatus zona merah penularan virus corona Covid-19.

"Zona merah sebanyak 36 kecamatan, zona oranye tiga kecamatan, dan zona hijau satu kecamatan," kata Bupati Bogor selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Ade Yasin saat dihubungi, Selasa.

Kondisi tersebut terjadi sejak 27 September 2020, setelah Kecamatan Caringin berubah status menjadi zona merah, dari sebelumnya berstatus zona oranye.

Hingga Selasa malam, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor mencatat sebanyak 1.805 kasus Covid-19 di wilayahnya, dengan rincian 52 kasus meninggal dunia dan 1.140 pasien yang berhasil sembuh.

Kondisi kasus Covid-19 yang jumlahnya tak kunjung menurun ini membuat Pemerintah Kabupaten Bogor mengambil langkah perpanjangan pembatasan sosial berskala besar pra adaptasi kebiasaan baru (PSBB pra-AKB) selama 28 hari, yakni hingga 27 Oktober 2020.

Perpanjangan PSBB pra-AKB kali ini diatur melalui Keputusan Bupati (Kepbup) Bogor nomor 443/450/Kpts/Per-UU/2020, dengan tetap berpedoman pada Peraturan Bupati (Perbup) nomor 60 tahun 2020. ant/P-5

Tampilkan Semua

Taman Safari Peringati Tiga Tahun Kedatangan Satwa Panda

Selasa 29/9/2020 | 17:53
A   A   A   Pengaturan Font
BOGOR  - Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memperingati tiga tahun kedatangan satwa panda bernama Huchun dan Caitao dari negeri tirai bambu pada 28 September 2017 lalu. "Sepasang panda bernama...
Selengkapnya

Polsek Palmerah Gelar "Rapid Test" Gratis

Selasa 29/9/2020 | 17:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA   -  Polsek Palmerah Jakarta Barat menggelar tes cepat gratis bagi masyarakat sekitar termasuk  pelanggar  yang terjaring operasi yustisi tertib bermasker, Selasa  (29/9), Tes cepat tersebut juga...
Selengkapnya

Kantor Sudinakertrans Ditutup, karena Pegawai Covid-19

Selasa 29/9/2020 | 17:48
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA  - Kantor Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Sudinakertrans) Jakarta Timur ditutup sementara mulai Selasa akibat salah satu pegawai atau staf terkonfirmasi positif tertular virus corona (Covid-19). "Sesuai...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

TheiShare Gunakan Teknologi Kunci Pintar

Rabu 30/9/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setiap tahun, jutaan sepeda di seluruh dunia dicuri. Saat bersepeda menjadi lebih umum, bulan-bulan musim panas yang akan datang adalah waktu utama bagi pencuri beroperasi. Bila memiliki sepeda kesayangan tentu akan memerlukan kunci pengaman yang canggih.

Menurut statistik, sejumlah besar sepeda dicuri di musim panas. Sementara disaat pandemi Covid-19 ini orang yang menggunakan sepeda untuk berbagai kegiatan semakin banyak. Bila tidak waspada dengan memilih kunci pengaman yang canggih, bukan tidak mungkin sepeda kesayangan akan jadi sasaran pencuri. Namun, seperti apa kunci sepeda berkualitas yang tepat dan aman digunakan. Belakangan bukan hanya sekadar sebagai kunci pengaman saja, kunci sepeda juga telah ditanami dengan teknologi canggih. Seperti yang diungkap oleh laman Trendhunter.com dimana kunci pintar pengaman sepeda TheiShare Bike, mampu mengamankan sepeda dari pencurian dan memiliki beberapa kecanggihan lainnya.

TheiShare adalah solusi keamanan yang kuat untuk pengendara sepeda yang memungkinkan pemilik untuk mengawasi sepeda mereka lebih dekat, dan mencegah kehilangan. Perangkat ini bekerja dengan digunakan seperti kunci sepeda tradisional, dan akan membunyikan alarm jika seseorang mencoba merusaknya, untuk memberi tahu orang-orang di sekitar serta pemiliknya. Unit ini juga dilengkapi dengan alarm kecelakaan, yang akan memperingatkan pihak berwenang jika pengendara mengalami kecelakaan, untuk membantu mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan secepat mungkin. Kunci pintar sepeda TheiShare memiliki desain tahan cuaca, dan juga ada penandaan GPS, untuk menunjukkan kepada pengguna lokasi terakhir sepeda mereka, ini akan membantu pemilik sepeda dengan mengetahui lokasi perjalanan yang ditempuh.

Dengan memanfaatkan kekuatan teknologi pintar dan fungsi geofencing, kunci pengaman sepeda ini menampilkan metode membuka kunci tanpa kunci, enkripsi AES 128, dan rantai tebal dengan penutup nilon. TheiShare menjaga sepeda tetap aman dan terlindungi, dengan membuatnya tidak bergerak. Kedap air untuk semua kondisi cuaca, TheiShare memiliki alarm anti-pencurian internal yang memberi tahu pemilik jika terdeteksi ada getaran, kerusakan, pembongkaran, atau pemotongan rantai.

Biasanya kunci pengaman sepeda tidak memungkinkan untuk berbagi dengan sepeda tetangga atau teman ketika sedang dikunci, TheiShare mengubahnya dengan mengizinkan sepeda untuk dibagikan secara digital, dengan tetangga atau teman. Dengan metode membuka kunci tanpa kunci, keluarga atau teman dengan akses bersama, dapat membuka kunci sepeda untuk digunakan, dan semua pihak dapat melacak lokasi sepeda secara real-time. Fitur unik ini memungkinkan pengendara untuk berbagi aset mobilitas dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya, membantu orang-orang di sekitar mereka untuk menikmati manfaat sepeda dalam kehidupan sehari-hari. Data pelacakan geografis ini juga digunakan untuk menghitung riwayat perjalanan, termasuk pembakaran kalori, kecepatan, dan pengurangan emisi CO2. Selain memberikan keamanan fisik, TheiShare juga melindungi kenyamanan pengendara dengan alarm kecelakaan yang berfungsi penuh. TheiShare akan memberi tahu layanan darurat dan pengendara terdekat saat kecelakaan terdeteksi, menyelamatkan nyawa dan mencegah cedera jangka panjang. Bike Crash Alarm mengirimkan alarm ke layanan darurat dan pengendara terdekat, fitur ini pasti akan membantu menyelamatkan semua nyawa yang berharga. Menurut pihak yang membuat kunci cerdas ini, pihaknya telah mengerjakan proyek tersebut sejak musim panas lalu. Pabrikan telah mengerjakan pengembangan platform berbasis IoT sejak 2018. Dengan memiliki pengalaman langsung dalam membuat kunci IoT untuk sektor mobilitas, pembuat TheiShare percaya ini adalah produk inovatif dan akan berdampak besar pada penanganan sepeda. Pabrikan kunci ini mampu memproduksi 2000 kunci per hari. Dalam masa pandemi ini, ketika sulit untuk bertemu dan bertukar kunci, berbagi TheiShare adalah solusi yang tepat, cukup tambahkan tetangga, teman, atau anggota keluarga di aplikasi, maka mereka akan dapat melihat lokasi terbaru sepeda, dan membuka kunci sepeda dengan memindai kode QR. ars

Tampilkan Semua

BrightLoc Mengamankan Sepeda dan Menghidari Pengendaranya dari Kecelakaan

Rabu 30/9/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kunci pengaman sepeda yang satu ini, selain mengamankan sepeda dari pencurian, dengan teknologi yang dipasangkan, bisa menghindarkan pengendara sepeda dari kecelakaan di jalan. Kecelakaan pada pengendara sepeda yang terjadi di daerah...
Selengkapnya

'SAF Lock' Altor Kunci Pengaman yang Tangguh

Rabu 30/9/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Memiliki sepeda hybrid memang memerlukan perhatian tersendiri. Sepeda hybrid adalah kombinasi antara sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike). Sepeda ini banyak digemari karena cukup tangguh dan dapat...
Selengkapnya

Bukit Klangon

Selasa 29/9/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bukit Klangon berada di ketinggian kurang lebih 1.100 meter di atas permukaan laut. Kondisi ini menyebabkan daerah bukit ini memiliki udara dingin. Bagi yang berkunjung ke sini sebaiknya mengenakan pakaian tebal jika tidak ingin...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Gunakan Bahasa Sederhana untuk Menjelaskan ke Masyarakat

Selasa 29/9/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan sejak kasus pertama ditemukan pada awal Maret 2020.

 

Sejak saat itu, pandemi Covid-19 tidak hanya diwarnai bertambahnya jumlah kasus, tapi juga informasi-informasi tidak benar atau hoaks bahkan sampai teori konspirasi.

Keberlangsungan informasi-informasi tersebut masih terjadi sampai hari ini. Hal ini tentu dapat membahayakan keselamatan masyarakat mengingat informasi-informasi tersebut dapat berpen­garuh pada pengabaian protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.

Untuk mengupas hal tersebut, Koran Jakarta mewawancarai Guru Besar Fakultas Kedokteran Uni­versitas Indonesia, Akmal Taher. Berikut petikan wawancaranya.

Menurut Anda, bentuk keke­liruan informasi apa yang ada sampai saat ini terkait pandemi Covid-19?

Kalau menurut saya, sampai sekarang masih berlangsung itu teori konspirasi. Saya agak heran mestinya tidak selama itu. Ba­rangkali strateginya salah untuk memberantas itu. Tapi, terlalu banyak evidence atau bukti yang tidak masuk akal sehingga teori konspirasi itu bertahan.

Kekeliruan informasi ini tentu berpengaruh terhadap ke­waspadaan masyarakat, bagaima­na agar masyarakat dapat yakin dengan kondisi saat ini?

Tergantung siapa yang bertanya. Menurut saya, tantangannya di sini yaitu dari akibatnya. Problem lainnya barangkali ketidaksabaran untuk membuat pemahaman bagi tiap lapisan masyarakat atau tiap komunitas.

Sebab tidak telaten, masih ada keraguan di masyarakat. Di sisi lain, masyarakat yang ragu sulit mener­ima dan tidak belajar dari sejarah bahwa ada kondisi yang sama terkait pandemi ini. Jadi, semua as­pek atau per­spektif yang berbeda harus bisa menjelaskan itu, tidak bisa dengan satu per­spektif ilmiah atau biologisnya.

Salah satu informasi yang membingungkan adalah ter­kait data kematian, bagaimana sebenarnya pencatatan kematian yang disebabkan Covid-19?

Kita pakai definisi jelas, yaitu pakai kondisi wabah secara epi­demiologis. Kalau kasusnya orang tersebut sistem imun rendah, terkena Covid dan meninggal, tentu harus dicatat kematiannya disebab­kan Covid. Secara statistik itu kita harus pakai kematiannya disebab­kan Covid-19.

Jadi sebenarnya tidak susah. Memang ada yang berusaha agak mengecilkan jumlah kematian yang disebab­kan Covid-19. Tapi itu berbahaya, sebab bisa menimbulkan persepsi masyarakat yang cenderung jadi meremehkan.

Di sisi lain, pedoman atau arahan terkait Covid-19 ini sering berubah. Bagaimana pendapat Anda?

Guideline atau pedoman me­mang berubah-ubah. Pedoman buat penyakit biasanya dua tahun sekali ganti. Covid-19 sendiri bukti atau temuannya cepat ya pedo­mannya berubah cepat. Bahkan, di Australia pedomannya bernama living document, jadi setiap saat bisa berubah.

Untuk perubahan ini perlu pelibatan tokoh masyarakat. Jadi, mereka juga ikut menekankan perubahan guideline ini bukan inkonsistensi, tapi ada bukti atau temuan yang cepat berubah.

Apakah orang yang pernah terinfeksi, dapat terinfeksi lagi?

Sampai sekarang ada kemungki­nan untuk reinfeksi. Tapi, definisin­ya alot juga. Ada yang bilang bukan reinfeksi sebab ada kecenderungan kasus-kasus false negatif. Tapi, secara umum saya setuju reinfeksi ada, tapi belum tahu berapa banyak dan belum ada data final seberapa banyak yang mengalami. Itu perlu penelitian lebih lanjut lagi.

Berdasarkan pengamatan Anda, bagaimana proses percepatan vaksin?

Vaksin Sinovac usaha percepatannya luar biasa. Semua proses di Badan POM sudah dimulai dari sekarang. Semua yang dipercepat sudah dimulai dari sekarang sehingga betul-betul urutannya begitu dapat hasilnya, dibuktikan, bisa langsung produksi dan terus seperti itu.

Ada yang optimis akhir Desem­ber ada. Saya belum bisa yakin, sebab masih lama dan begitu dina­mis. Kalau semua lancar bisa De­sember, kalau tidak, tidak mungkin. Apalgi dua bulan terakhir mulai evaluasi. n muh ma’arup/P-4

Tampilkan Semua

Cegah Keluarga Jadi Klaster Baru Penularan Virus Korona

Sabtu 26/9/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah dan diikuti kehadiran klaster-klaster atau titik penularan baru. Klaster-klaster baru tersebut tidak hanya berada di tempat umum, tapi juga sampai ke rumah dan mengancam keselamatan...
Selengkapnya

Sekolah yang Lebih Membutuhkan Harusnya Menerima BOS Lebih Banyak

Jumat 25/9/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan bantuan pemerintah bagi setiap sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran. Adapun penentuan pagu dana BOS disesuaikan dengan jumlah masing-masing murid di sekolah tersebut. ...
Selengkapnya

“Cegah Penyalahgunaan Anak-anak dalam Kampanye Pilkada 2020”

Kamis 24/9/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 akan diadakan serentak pada 26 September 2020. Selain untuk memilih gubernur dan wali kota, pesta demokrasi ini diharapkan menjadi ajang pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat.   Tahun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, SE, MSc, PhD Menjaga Stabilitas Moneter di Tengah Pandemi Covid-19

Sabtu 26/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat pemerintah mengucurkan dana ratusan triliun rupiah (693 triliun rupiah) guna mencegah meluasnya persebaran korona dan memulihkan ekonomi domestik yang tertekan cukup dalam. Perry Warjiyo, SE, MSc, PhD resmi dilantik menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Agus Martowardojo.

Pria kelahiran Sukoharjo, 61 tahun silam ini, menjadi Gubernur ke-16 BI. Kini, tanggung jawab besar terkait penetapan dan pelaksanaan kebijakan moneter atau menjaga kestabilan sistem keuangan Indonesia, terutama di kala pandemi Covid-19.

Lantas, langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam rangka menjaga stabilitas keuangan di dalam negeri? Wartawan Koran Jakarta, Djati Waluyo, berkesempatan mewawancarainya. Berikut petikannya.

Bagaimana strategi Bank Indonesia terkait pemulihan ekonomi nasional?

Kalau istilah pulih itu harus sepakat. Kalau perbaikan sudah terjadi sejak Juli dan Agustus 2020. Insya Allah, kuartal III akan lebih baik dari kuartal II 2020.

Untuk pertumbuhan ekonomi 2021, BI memperkirakan berada di angka berapa persen?

Tahun depan, pertumbuhan ekonomi perkiraannya 4,8 hingga 5,8 persen. Ini lebih tinggi dari perkiraan pemerintah 4,5 hingga 5,5 persen. Kemarin di Banggar (DPR) disepakati pertumbuhan ekonomi 5 persen.

Faktor apa saja yang memengaruhi percepatan pemulihan ekonomi?

Perbaikan pemulihan ini tentu saja faktornya seberapa cepat mobilitas manusia, barang, jasa, ekonomi produktif, dan aman. Yang kedua, seberapa cepat absorbsi dari anggaran untuk dorong anggaran. Seberapa cepat restrukturisasi kredit dan suku bunga bisa dorong kredit. Itu dari domestik seberapa cepat konsumsi naik. Sementara itu, dalam ekonomi global membaik khususnya Amerika Serikat dan Tiongkok, makanya kenapa ekspor membaik. 

Bagaimana sikap BI ke depan dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional?

BI tempuh bauran kebijakan yang terus kita lakukan. Hampir semua diarahkan untuk sinergi dengan pemerintah dorong pertumbuhan dalam rangka pemulihan ekonoki nasional dari pengaruh Covid-19. 

Apa yang telah dan akan dilakukan BI?

BI sudah turunkan suku bunga yang tahun ini. Suku bunganya jadi 4 persen. Suku bunga acuan ini terendah sejak 2016. Hal itu diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Kedua, kami juga melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah. Hal itu juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Sebab kalau rupiah stabil, usaha kondusif akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Kami ekspansi moneter atau quantitative easing. Jumlahnya 662,1 triliun rupiah. Jumlah itu kami tujukan agar likuiditas bank lebih dari cukup. Sekali lagi, ini dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Kenapa BI masih menahan suku bunga saat deflasi beruntun?

Keputusan tersebut mempertimbangkan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di tengah rendahnya inflasi. Kebijakan itu policy-nya banyak banget. Bahkan, pendanaan dan bagi beban dengan pemerintah sesuai dengan surat keputusan bersama. Semua itu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, juga agar suku bunga deposito dan suku bunga kredit turun, serta agar ketersediaan dana lebih. Apalagi suku bunga sudah rendah. Selain itu, kredit dominan karena permintaan masyarakat. Itu semua dipengaruhi kecepatan realisasi anggaran dan kinerja ekspor ke depan.

Lalu, seperti apa kebijakan makroprudensialnya?

Kami sudah memberikan penurunan uang muka, terakhir bulan lalu. Kredit kendaraan bermotor yang berwawasan lingkungan. Sebelumnya properti, makro juga financing funding ratio. Kemudian, ada digitalisasi sistem pembayaran, bantuan sosial, digitalisasi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Semua untuk dorong pertumbuhan ekonomi.

Dorongan apa yang dilakukan BI untuk menciptakan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19?

Dengan surat keputusan bersama menteri keuangan dan gubernur Bank Indonesia pada bulan April dan Juli 2020, Bank Indonesia juga melakukan burden sharing di pasar perdana. Per 15 September 2020 Surat Keputusan Bersama 1 realisasinya 48,03 triliun rupiah. Sedangkan pendanaan pembagian Surat Keputusan Bersama 2 realisasinya 99,08 triliun rupiah.

Dengan pendanaan dari Bank Indonesia dan bagi beban ini, maka pemerintah bisa lebih fokus untuk akselerasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) guna mendorong program pemulihan ekokomi nasional.

Selain skema tersebut, apalagi yang dilakukan BI?

Selain pendanaan dan bagi beban, ada pembagian beban saja tanpa pendanaan. Dalam konteks ini, penerbitan surat berharga negara untuk nonpublik 44,38 triliun rupiah. Beban pemerintah mengacu ke suku bunga dikurangi satu persen. Jadi, semua bauran Bank Indonesia untuk dorong pertumbuhan ekonomi. Bank Indonesia sediakan pendanaan dan bagi beban agar APBN bisa direalisasikan, sehingga bisa mempercepat realisasi APBN.

Pandangan terkait ramainya pembahasan RUU Bank Indonesia yang sedang dibahas DPR?

Kita sudah mencermati pada 2 September 2020. Bapak Presiden sudah menegaskan dan menjamin independensi Bank Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, beliau memberikan penjelasan bagi korespondensi asing.

Saya kira itu sudah jelas. Demikian juga disampaikan menteri keuangan pada 4 September 2020, di mana beliau mengatakan dan di sini saya kutip mengenai revisi undang-undang tentang Bank Indonesia yang merupakan inisiatif DPR dan pemerintah belum membahasnya hingga saat ini.

Apakah itu akan mengganggu kredibilitas Bank Indonesia dalam mengatur kebijakan moneter?

Penjelasan Bapak Presiden sudah jelas bahwa kebijakan moneter harus tetap kredibil, efektif, dan independen.

Bagaiman kondisi perekonomian domestik hingga saat ini?

Perekonomian domestik secara perlahan juga membaik, meskipun masih terbatas sejalan mobilitas masyarakat yang melandai pada Agustus 2020. Kinerja ekspor membaik, sejalan kenaikan permintaan global, khususnya dari AS dan Tiongkok untuk beberapa komoditas seperti besi dan baja, pulp dan waste paper, serta CPO. 

Sementara itu, konsumsi rumah tangga membaik secara terbatas seiring berlanjutnya stimulus fiskal seperti penyaluran bansos dan pemberian gaji ke-13 kepada Aparatur Sipil Negara. Beberapa indikator dini menunjukkan perbaikan seperti penjualan ritel, indeks kepercayaan konsumen, dan PMI manufaktur. Secara spasial, perbaikan ekonomi tercatat di beberapa daerah luar Jawa yang memiliki ekspor komoditas.

Bagaimana ketahanan sektor ekternal Indonesia pada kuartal III 2020?

Ketahanan sektor eksternal Indonesia tetap kuat, di tengah dinamika penyesuaian aliran modal asing di pasar keuangan domestik pada September 2020. Defisit transaksi berjalan diperkirakan lebih rendah didukung membaiknya ekspor di tengah lebih rendahnya impor seiring dengan belum kuatnya permintaan domestik.

Neraca perdagangan Agustus 2020 mencatat surplus yakni 2,33 miliar dollar AS, melanjutkan surplus pada bulan sebelumnya sebesar 3,24 miliar dollar AS. Sedang, aliran portofolio asing triwulan III 2020 yang hingga akhir Agustus tercatat net inflow 0,13 miliar dollar AS. Ini mengalami net outflow sebesar 0,75 miliar dollar AS pada dua pekan pertama September 2020. Sebabnya peningkatan ketidakpastian pasar keuangan baik karena faktor global maupun domestik.

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2020 meningkat menjadi sebesar 137 miliar dollar AS. Ini setara dengan pembiayaan 9,4 bulan impor atau 9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Hal itu berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Ke depan, defisit transaksi berjalan untuk keseluruhan tahun 2020 diperkirakan tetap rendah, di bawah 1,5 persen dari PDB, sehingga terus mendukung ketahanan sektor eksternal.

Bagaimana kondisi nilai tukar rupiah? 

Nilai tukar rupiah relatif terkendali di tengah tingginya tekanan pada Agustus–September 2020. Hingga 16 September 2020, nilai tukar rupiah tercatat depresiasi 1,58 persen secara point to point dibanding akhir Juli 2020. Saat itu, terdepresiasi 6,42 persen dari akhir Desember 2019. 

Pelemahan rupiah pada Agustus–September 2020 antara lain dipengaruhi masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan baik karena faktor global maupun sejumlah risiko domestik. Ke depan, Bank Indonesia memandang nilai tukar rupiah berpotensi kembali menguat seiring levelnya yang secara fundamental masih undervalued didukung inflasi rendah dan terkendali. Kemudian, defisit transaksi berjalan rendah, daya tarik aset keuangan domestik yang tinggi, dan premi risiko Indonesia yang menurun. Bank Indonesia terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar, antara lain melalui efektivitas operasi moneter dan ketersediaan likuiditas di pasar.

Bagaimana kondisi likuiditas saat ini?

Kondisi likuiditas lebih dari cukup sehingga terus mendorong penurunan suku bunga dan kondusif bagi pembiayaan perekonomian. Hingga 15 September 2020, Bank Indonesia telah menambah likuiditas (quantitative easing) di perbankan sekitar 662,1 triliun rupiah. Ini terutama bersumber dari penurunan Giro Wajib Minimum (GWM) sekitar 155 triliun rupiah dan ekspansi moneter sekitar 491,3 triliun rupiah. Longgarnya kondisi likuiditas mendorong tingginya rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) yakni 29,22 persen pada Agustus 2020 dan rendahnya suku bunga PUAB overnight, sekitar 3,31 persen pada Agustus 2020. 

Bagaimana kondisi stabilitas sistem keuangan?

Stabilitas sistem keuangan tetap terjaga, meskipun risiko dari meluasnya dampak COVID-19 terhadap stabilitas sistem keuangan terus dicermati. Rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan Juli 2020 tetap tinggi yakni 22,96 persen dan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) tetap rendah yakni 3,22 persen kotor dan 1,15 persen bersih.

Fungsi intermediasi dari sektor keuangan masih lemah akibat pertumbuhan kredit yang terbatas. Hal ini sejalan dengan permintaan domestik yang belum kuat karena kinerja korporasi yang tertekan dan kehati-hatian perbankan akibat berlanjutnya pandemi Covid-19. Pertumbuhan kredit Agustus 2020 tercatat rendah sebesar 1,04 persen (yoy), sedangkan pertumbuhan DPK tercatat 11,64 persen (yoy) pada Agustus 2020. 

Bagaimana intermediasi ke depanya?

Intermediasi perbankan diperkirakan kembali membaik sejalan prospek pemulihan ekonomi domestik. Beberapa sektor telah mencatat peningkatan pertumbuhan kredit, yaitu sektor pertanian, pertambangan, dan transportasi. Selain itu, total restrukturisasi kredit perbankan hingga Agustus 2020 telah mencapai 18,64 persen dari total kredit, ditopang likuiditas yang terjaga.

Berbagai perkembangan ini, disertai akselerasi program pemulihan ekonomi nasional, antara lain melalui penguatan penjaminan kredit oleh pemerintah, diharapkan dapat mendorong fungsi intermediasi perbankan. Bank Indonesia akan melanjutkan kebijakan makroprudensial akomodatif untuk mendorong penyaluran kredit guna mengakselerasi pemulihan ekonomi.

G-1

Tampilkan Semua

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo Penemuan Vaksin Tak Jamin Kehidupan Kembali Normal

Sabtu 19/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Masyarakat harus selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat terkait kondisi terkini. Terlebih, meskipun vaksinnya nanti ditemukan, tidak serta-merta Covid-19 akan berakhir dan kehidupan kembali normal. Wabah korona atau Covid-19...
Selengkapnya

Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Dr Peter Schoof : Jerman Belum Pernah Alami Dampak Sebesar Ini

Sabtu 12/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi virus korona belum ada tanda-tanda mereda. Malahan bencana ini tampaknya semakin parah. Banyak negara kewalahan menghadapinya. Namun, Republik Federal Jerman termasuk salah satu negara paling sukses menekan angka penularan dan...
Selengkapnya

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir Fokus Ketersediaan Vaksin dan Terapi Pengobatan

Sabtu 5/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri BUMN, Erick Thohir mendapatkan tugas baru dari Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Berdasarkan Perpres 82/2020, Erick Thohir memiliki tugas mengkoordinasikan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta