Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments

Tips Membangun Kepercayaan dalam Berbisnis

Tips Membangun Kepercayaan dalam Berbisnis
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, bagaimana membangun kepercayaan dari pelanggan, klien dan karyawan kita? Saya yakin bila keper­cayaan itu sudah saya dapatkan maka bisnis saya akan lebih cepat berkembang.

Jawaban:

Mendapatkan pelang­gan, klien, dan karyawan yang mempercayai Anda bisa menjadi rumit, tetapi ini sangat penting untuk sukses dan mungkin lebih penting daripada penjualan. Mem­buat orang lain memercayai Anda bukanlah hal yang mudah. Menumbuhkan dan memelihara bisnis Anda dan memberi semua orang layan­an yang sangat baik mungkin lebih mudah.

Berikut lima tindakan nyata yang membangun kepercayaan dalam lingkung­an bisnis, yang dikutip dari Laruno.id. Tindakan ini mem­bangun kepercayaan melalui komunikasi, komitmen, dan kompetensi.

  1. Tunjukkan bahwa Anda mempercayai orang lain

Salah satu cara untuk me­lakukan ini adalah bermurah hati dan memaafkan ketika orang lain membuat kesalah­an atau mengecewakan Anda dalam beberapa cara.

Kebanyakan orang ti­dak bermaksud kejam atau bodoh, jadi beri mereka kesempatan sampai Anda memiliki informasi yang ber­tentangan yang membuktikan Anda salah. Anda akan mera­sa lebih baik tentang mereka, dan mereka akan memperca­yai Anda atas kemurahan hati Anda.

  1. Ciptakan hubungan yang saling menguntungkan

Pelanggan, rekan kerja, dan karyawan semua ingin percaya bahwa mereka mem­buat keputusan yang tepat untuk bekerja bersama de­ngan Anda.

Pelanggan harus memaha­mi dengan jelas nilai produk dan layanan Anda kepada mereka. Demikian juga, kar­yawan harus merasa senang mengambil kepemilikan dan menunjukkan tingkat keper­cayaan yang Anda miliki di dalamnya.

Dengan kata lain, ke­percayaan adalah tentang menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda peduli terhadap mereka. Sebagai umpan balik, mereka akan peduli dan mempercayai Anda.

  1. Langsung mengatasi masalah

Bagaimana Anda me­nangani masalah adalah apa yang menanamkan kepercayaan dan kesetia­an. Kepercayaan pelanggan berkembang dan meluas me­lalui penyampaian layanan, implementasi, perawatan dan dukungan.

Pada setiap langkah, Anda dapat merusak atau mening­katkan pengalaman ini bagi pelanggan Anda. Itulah me­ngapa sangat penting untuk memenuhi janji jika Anda ingin dipercaya.

Jika Anda ingin dipercaya, Anda harus peduli. Tang­gapi keluhan dengan cepat, berbagi informasi, dapatkan kepercayaan diri mereka, Puaskan kebanggaan dan semangat tentang bisnis Anda. Menyelesaikan konflik dengan cepat dapat memba­ngun dan mempertahankan kepercayaan.

  1. Katakan yang sebenar­nya

Jangan pernah berasumsi bahwa orang-orang tertentu tidak dapat menangani kebe­naran. Jujurlah dengan kar­yawan dan pelanggan Anda seperti yang Anda harapkan. Jika Anda terjebak dalam kebohongan, tidak ada yang akan mempercayai Anda.

Menjaga janji Anda juga merupakan bagian dari me­ngatakan yang sebenarnya. Jangan berkomitmen dengan janji yang tidak dapat Anda berikan. Pikirkan tentang apa yang realistis, dan lakukan yang terbaik untuk mewujud­kan kata-kata Anda.

  1. Hormati waktu mereka

Banyak orang-orang di masyarakat kita kehilang­an rasa kesopanan dan rasa hormat mereka. Agar orang percaya kepada Anda, tingkatkan kesadaran Anda tentang waktu, jadwal, dan kebutuhan orang lain. Ini berarti Anda harus segera ba­las e-mail, tepat waktu untuk rapat, dan segera menjawab panggilan.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment