Tips Promosi Bisnis yang Mudah dan Minim Biaya | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments

Tips Promosi Bisnis yang Mudah dan Minim Biaya

Tips Promosi Bisnis yang Mudah dan Minim Biaya
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, apa saja cara-cara promosi yang mudah dilaku­kan tapi low budget? Saya dan teman-teman belum lama ini merintis bisnis bakery dan cake dan kami kesulitan untuk mengembangkannya. Selain mo­dal yang terbatas, kami juga ma­sih minim pengalaman. Mohon advisnya Bu.

Jawaban:

Sukses tidaknya suatu bisnis tak lepas dari pengaruh kegiat­an pemasaran. Dengan pema­saran yang tepat, konsumen yang awalnya tidak mengeta­hui eksistensi suatu produk berubah menjadi tahu.

Meskipun memegang pe­ranan penting, kegiatan pema­saran menghabiskan banyak biaya. Tak sedikit pelaku usaha yang akhirnya menunda-nun­da kegiatan pemasaran karena anggaran yang minim. Akibat­nya, usaha sulit berkembang dan tertinggal jauh dari lainnya yang memanfaatkan kegiatan pemasaran yang tepat. Berkat kecanggihan teknologi, pelaku usaha dapat menghemat biaya pemasaran atau bahkan dapat memasarkan produk tanpa modal sedikitpun.

Mau tau caranya? Lakukan beberapa cara mudah dan murah dalam mempromosi­kan bisnis Anda, seperti dikutip dari Cermati.com.

  1. E-mail Berlangganan

Apakah Anda punya website pribadi? Manfaatkan situs ini sebagai wadah untuk me­masarkan produk dengan cara berlangganan e-mail.

Setiap konsumen yang berkunjung ke website dapat mendaftarkan e-mailnya ter­lebih dahulu, setelah itu baru dapat mengakses informasi produk di dalam situs Anda.

Ketika toko mengadakan promosi atau diskon, konsu­men akan mendapat pemberi­tahuan secara otomatis melalui e-mail yang didaftarkan se­belumnya. Sematkan subjek e-mail yang menarik agar kon­sumen tertarik membuka surat elektronik tersebut.

Perhatikan intensitas pengi­riman e-mail kepada konsu­men. Jangan sampai terkesan spamming agar konsumen ti­dak mengklik tombol “berhenti berlangganan” yang ada pada e-mail masuk.

  1. Melalui Media Sosial

Peran media sosial tidak pernah lepas dari kegiatan pe­masaran. Facebook, Instagram, Twitter, hingga Whatsapp seka­lipun kini dimanfaatkan untuk berbisnis.

Hasil yang dituai dari pema­saran lewat media sosial juga efektif dan efisien, sehingga penjualan produk terus me­ningkat setiap waktu. Gunakan satu e-mail untuk membuat akun media sosial khusus un­tuk kegiatan usaha.

Unggah foto-foto produk yang dijual pada setiap media sosial secara berkala. Pastikan foto yang diunggah adalah foto real atau asli agar konsumen tidak kecewa setelah produk tersebut diterima.

  1. Membagikan Sampel Produk

Metode promosi yang satu ini sering ditemukan di mall atau supermarket. Sampel diberikan kepada pengunjung yang mau mencoba produk yang ditawarkan.

Metode promosi ini tidak akan membuat Anda rugi, tetapi sebaliknya, Anda dapat menuai banyak untung apabila pengunjung menyukai produk tersebut.

Tantangan terbesarnya ada­lah apakah pengunjung mau atau tidak mencoba produk sampel tersebut. Agar usaha Anda tidak gagal, gunakan ka­limat persuasif untuk menarik pengunjung.

Pastikan produk yang Anda bagikan merupakan produk terbaik agar pengunjung tidak kecewa setelah mencicipi atau mencobanya. Hingga akhirnya memutuskan untuk membeli.

  1. Membagikan Kartu Nama

Kartu nama juga dapat dimanfaatkan untuk promosi. Bagikan kartu nama kepada orang-orang yang ditemui agar mereka tahu eksistensi usaha yang Anda jalankan.

Cara ini memang terkesan jadul (tradisional), tapi dengan memberikan kartu nama ke­pada mereka, jika sewaktu-wak­tu mereka membutuhkan jasa atau produk Anda, bisa dengan mudah menghubungi Anda.

Bagikan kartu nama di tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang lain, se­perti kawasan perkantoran, SPBU, restoran, ataupun ATM center. Kartu nama akan sangat membantu untuk memperluas jaringan bisnis yang Anda miliki.

  1. Mengikuti Pameran

Pameran sering diadakan di mal untuk memperingati hari perayaan tertentu, misalnya hari kemerdekaan. Nah, Anda dapat berpartisipasi dalam pameran tersebut dengan cara membuka booth di lokasi pameran ataupun menjadi sponsorship dari acara yang se­dang berlangsung.

Cara ini membutuhkan sedikit biaya, tetapi hasilnya sangat efektif karena pro­duk Anda dapat dikenal oleh banyak orang. Sebab dalam pameran tersebut, pengunjung akan mendapatkan informasi seputar produk yang dijual, ter­masuk manfaat hingga harga produk.

  1. Bergabung dengan Komunitas

Bergabunglah pada ke­lompok atau komunitas bisnis yang ada di dekat daerah tem­pat tinggal Anda. Di sana, Anda akan memelajari banyak hal, termasuk cara memulai usaha dari nol hingga akhirnya usaha dapat menuai sukses.

Selain itu, Anda juga dapat saling berbagi pengalaman kepada pelaku usaha yang lain untuk menambah wawasan seputar bisnis. Luangkan waktu untuk mengikuti pertemuan antar sesama rekan bisnis.

Gunakan nalar dengan baik agar informasi yang disam­paikan dapat diserap secara sempurna. Jika ada yang ingin ditanyakan, segera bertanya agar informasi yang diperoleh tidak setengah-setengah.

  1. Mengadakan Giveaway

Jika pelaku usaha yang lain sedang mengadakan giveaway, jangan ragu untuk ikut berpar­tisipasi. Anda dapat memberi produk secara cuma-cuma kepada satu atau dua orang yang beruntung dalam kontes giveaway ini.

Hadiah yang diberikan se­baiknya berupa produk yang Anda jual, sehingga pemenang kontes lebih mengenal produk tersebut. Kontes giveaway dapat diumumkan lewat akun sosial media.

Minta bantuan teman atau rekan bisnis untuk ikut meramaikan kontes ini, boleh dengan cara berpartisipasi ataupun dengan cara me­nyebarkan informasi seputar giveaway di akun media sosial masing-masing.

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment