Tol Kunciran-Serpong Perlancar Konektivitas Banten-Jakarta | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 24 2020
1 Comment
Infrastruktur Jalan

Tol Kunciran-Serpong Perlancar Konektivitas Banten-Jakarta

Tol Kunciran-Serpong Perlancar Konektivitas Banten-Jakarta

Foto : KORAN JAKARTA/MARIO CAISAR
RESMIKAN JALAN TOL I Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat peresmian Tol Kunciran-Serpong di Gerbang Tol Parigi, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (6/12). Jalan tol yang menghubungkan Kunciran hingga Serpong tersebut memiliki panjang 11,1 kilometer yang juga merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG SELATAN – Presiden Joko Widodo mengatakan keberadaan jalan Tol Ruas Kunciran–Serpong sepanjang 11,1 kilomter (km) akan mem­percepat dan memperlancar konektivtas dari wilayah Banten ke Jakarta, maupun sebaliknya.

“Saya sering mendengar ke­luhan orang yang bolak-balik dari Banten ke Jakarta, Jakar­ta ke Banten. Pak, kita ini bisa tua di jalan karena macet,” kata Presiden Jokowi saat mem­berikan sambutan Peresmian Kunciran–Serpong di Pintu Tol Parigi, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (6/12).

Hadir Mendampingi Pre­siden, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menhub, Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN, Erick Thohir, Kepala Staf Ke­presidenan, Moeldoko, Guber­nur Banten, Wahidin Halim, dan Wali Kota Tangerang Sela­tan, Airin Rachmi Diany.

Presiden menuturkan ke­rugian akibat kemacetan ter­sebut juga banyak sekali seper­ti waktu hingga bahan bakar minyak (BBM). “Dari sisi waktu yang terbuang bisa menye­babkan daya saing kita sema­kin tergerus, serta satu lagi se­makin banyak biaya yang kita keluarkan untuk biaya BBM. Padahal di era persaingan an­tarnegara yang semakin sengit, percepatan akan sangat me­nentukan, di mana yang cepat akan mengalahkan yang lam­bat,” tutur Presiden.

Presiden menambahkan, de­ngan selesainya jalan Tol Kun­ciran–Serpong ini, diharapkan kawasan-kawasan industri yang ada di Jakarta dan di Banten akan semakin terintegrasi. Se­hingga, distribusi logistik akan lebih mudah, akan lebih lancar, terutama disribusi barang yang melalui pelabuhan merak.

“Jadi, jalan tol akan nyam­bung antara sentra-sentra pro­duksi dan sentra-sentra dis­tribusi. Semakin tersambung maka akan semakin efisien. Yang artinya, daya saing kita akan semakin baik dalam in­vestasi dan daya saing, dan produk-produk kita akan se­makin meningkat,” tambahnya.

Ekonomi Banten

Selanjutnya, kata Presiden jalan tol tersebut juga akan bisa mempercepat gerak per­ekonomian Banten yang men­jadi wilayah penyangga Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. “Keje­nuhan investasi di Jakarta bisa dilimpahkan ke Banten, karena konektivitas Jakarta–Banten semakin tersambung. Dengan demikian, ekonomi Banten bisa lebih bergerak lagi. Ini perlu dicatat Pak Gubernur, Bu Wali Kota. Sehingga harapan ekonomi Banten bisa bergerak lebih cepat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih ba­nyak lagi,” tutupnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, me­ngatakan Tol Kunciran–Ser­pong yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) II ini dirancang sejak 1980 dengan nilai investasi se­besar 4,09 triliun rupiah.

Menurutnya, jalan tol ini menghubungkan wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) de­ngan Tangerang, Banten, se­lanjutnya bisa menyambung sampai Bandara Soekarno-Hat­ta. “Tol JORR II sepanjang 110 km, enam ruas tol, dari Cengka­reng–Serpong sampai Cinere– Cibitung–Cilincing,” kata Men­teri Basuki.

Ia menjelaskan, tol yang su­dah diresmikan ini selanjutnya akan tersambung sampai ban­dara, melalui ruas Kunciran– Cengkareng (Bandara Soekar­no-Hatta) yang sudah finalisasi konstruksi, dan akan diresmikan pada Mei 2020. “Cengkareng–Ci­nere paling lama Mei 2020 sebe­lum Lebaran,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut dia, untuk ruas di sisi timur yaitu Tol Cinere–Serpong sepanjang 10,1 km yang termasuk ke da­lam jaringan jalan tol JORR II juga akan tuntas pada 2020.

Jaringan JORR II ini mencakup Cengkareng–Batu Ceper–Kunciran (14,2 km), Kunciran–Serpong (11,1 km), Serpong–Cinere (10,1 km), Cinere–Jagorawi (14,7 km), Cimanggis–Cibitung (25,2 km), dan Cibitung–Cilincing (34 km). Dari ruas tersebut, yang sudah beroperasi Cinere–Jagorawi dan Kunciran–Serpong. fdl/AR-2

Klik untuk print artikel

View Comments

jessi
Minggu 8/12/2019 | 07:26
Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Sport165 titik co paling best ya guys...


Submit a Comment