Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | January 23 2021
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Butuh Kemauan Keras untuk Lepas dari Jeratan Impor

Sabtu 23/1/2021 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Praktik rent seeking impor pangan membesarkan sistem monopolistik yang dikuasai oknum pedagang. » Impor pangan harus di tangan negara dan keuntungannya harus...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Peta Daerah Terdampak Gempa Perlu Segera Dibuat

Sabtu 23/1/2021 | 07:36
A   A   A   Pengaturan Font

PALU - Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Muhammad Hatta Kainang mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar segera membuat peta daerah-daerah terdampak gempa. Peta ini sangat dibutuhkan sebagai rujukan dalam penanganan  bencana.

“Sampai saat ini Pemerintah Provinsi Sulbar belum punya peta wilayah terdampak gempa tersebut,” kata Hatta Kainang ketika dihubungi dari Palu, Jumat (22/1).

Hatta Kainang yang juga Sekretaris Fraksi Nasdem di DPRD Provinsi Sulbar menilai peta daerah terdampak gempa, sangat penting dalam penanggulangan pascabencana gempa. Peta itu akan menggambarkan tentang daerah-daerah yang mengalami kerusakannya parah atau kerusakannya berat, sedang, dan ringan.

Selain menunjukkan tentang kerusakan, kata dia, peta itu juga menunjukkan sebaran di mana saja lokasi-lokasi yang dijadikan warga sebagai tempat pengungsian.

Bantuan Bisa Merata

Dengan adanya peta tersebut, sebut Hatta, maka salah satu tujuannya yakni distribusi bantuan dapat disalurkan merata, atau tidak tertumpuk pada satu titik tertentu.

“Karena tidak ada peta itu, maka ini yang membuat distribusi logistik ke titik pengungsian tidak merata,” sebut Hatta.

Hatta menilai keberadaan struktur pemerintahan Pemprov Sulteng idealnya harus berdampak pada adanya mekanisme penanganan atau penanggulangan pascabencana yang terarah, yang didukung dengan adanya peta sebaran pengungsi dan peta daerah atau wilayah terdampak sehingga memudahkan intervensi.

Namun, dia mengakui bahwa hal itu belum ada. Akibatnya, bantuan logistik yang masuk ke Sulbar tidak terdistribusi merata. “Padahal ketika ada logsitik yang masuk, maka harus ada alur distribusi dan sasaran distribusi yang diatur oleh Pemprov Sulteng. Tetapi ini tidak ada,” ujarnya.

Menurut Hatta, hingga saat ini masih ada beberapa wilayah di satu kecamatan yang belum mendapat bantuan logistik secara maksimal.

“Misalnya di wilayah Kecamatan Tapalang Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Majene,” ujarnya. n Ant/N-3

 

Tampilkan Semua

Kemendikbud Dorong Daerah 3T Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Sabtu 23/1/2021 | 07:32
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah daerah dapat menentukan pembukaan sekolah tatap muka dengan mempertimbangkan kasus Covid-19 di wilayah tersebut. JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mendorong daerah yang berada di...
Selengkapnya

Kasus Konfirmasi Covid-19 di Bantul Bertambah 209 Orang

Sabtu 23/1/2021 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bantul- Kasus konfirmasi positif terinfeksi COVID-19 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam 24 jam terakhir bertambah 209 orang, sehingga total kasus positif terpapar virus corona baru tersebut per Jumat (22/1) menjadi...
Selengkapnya

Butuh Kemauan Keras untuk Lepas dari Jeratan Impor

Sabtu 23/1/2021 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Praktik rent seeking impor pangan membesarkan sistem monopolistik yang dikuasai oknum pedagang. » Impor pangan harus di tangan negara dan keuntungannya harus dipegang negara, bukan pedagang.   JAKARTA –...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Hong Kong Terapkan “Lockdown”

Sabtu 23/1/2021 | 07:27
A   A   A   Pengaturan Font
Hong Kong mulai Jumat tengah malam menerapkan penguncian wilayah (lockdown) untuk pertama kalinya setelah terjadi kasus penularan Covid-19 di distrik yang dihuni warga berpenghasilan rendah dan padat penduduk

HONG KONG – Ribuan warga Hong Kong diperintahkan untuk tetap tinggal di rumah masing-masing saat diberlakukan penguncian wilayah (lockdown) untuk pertama kalinya di kota itu. Berdasarkan laporan media lokal pada Jumat (22/1), lockdown diterapkan setelah terjadi wabah infeksi virus korona di salah satu distrik yang warganya miskin dan memiliki populasi terpadat di Kowloon.

“Perintah tersebut melarang siapapun meninggalkan apartemen mereka kecuali jika mereka yang berasal dari lokasi lonjakan kasus dalam beberapa hari terakhir, bisa memperlihatkan hasil tes Covid-19 yang negatif, dan akan berlangsung sampai semua orang di area yang ditentukan telah menjalani tes virus korona,” tulis media lokal Hong Kong.

Sementara itu South China Morning Post menyatakan bahwa lockdown mulai berlaku tepat pada Jumat tengah malam dan mereka pun melaporkan bahwa sebanyak 1.700 anggota polisi akan dikerahkan dalam pelaksanaan penguncian wilayah terhadap lebih dari 150 blok pemukiman yang dihuni oleh lebih dari 9.000 warga.

Hong Kong merupakan salah satu wilayah yang pertama melaporkan adanya wabah infeksi virus korona sejak pertama kali terdeteksi penyebarannya di wilayah Tiongkok tengah pada pengujung 2019 lalu.

Hong Kong berhasil meredam penyebaran infeksi Covid-19 hingga dibawah 10 ribu kasus dan jumlah kematian hanya sekitar 170 kasus saja dengan hanya menerapkan aturan jaga jarak sepanjang tahun lalu.

Selama lebih dari 2 bulan terakhir, Hong Kong dihantam gelombang ke-4 penyebaran infeksi virus korona dan saat ini otoritas setempat tengan berupaya menekan jumlah kasus infeksi harian. Namun sejumlah klaster terus muncul di sekitar wilayah Yau Tsim Mong, sebuah distrik pada penduduk yang dihuni oleh warga yang berpenghasilan kecil.

 

Penguncian di Shanghai

Sementara itu juga dilaporkan bahwa otoritas di  Shanghai pun telah menerapkan penguncian pada dua rumah sakit paling terkenal di Tiongkok, setelah ditemukan ada tenaga medis yang terinfeksi Covid-19.

Sejumlah layanan rawat jalan telah ditangguhkan di Pusat Kanker Universitas Fudan Shanghai dan Rumah Sakit Renji yang berafiliasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Shanghai Jiao Tong, bersama dengan beberapa komunitas perumahan di sekitarnya.

Kedua rumah sakit itu harus diisolasi setelah dua pekerjanya terkonfirmasi positif Covid-19. 

Pada saat bersamaan Beijing telah memulai pengujian massal di di dua distrik yaitu Dongcheng dan Xicheng pada Jumat, setelah ditemukan kasus baru yang berlangsung beberapa hari secara berturut-berturut. Kedua distrik itu meliputi Lapangan Tiananmen dan sejumlah kantor pemerintahan.

Pengujian massal itu dilakukan terhadap sekitar 2 juta orang yang akan digelar selama 2 hari. Langkah pengujian massal itu dilakukan setelah Provinsi Hebei yang berdekatan dengan Beijing, melaporkan 18 kasus baru yang ditularkan secara lokal, serta ditemukannya sejumlah kasus varian baru virus korona yang paling cepat penularannya.

Pemerintah Tiongkok ingin segera memberantas penyebaran infeksi Covid-19 ini karena sebentar lagi akan ada perayaan Tahun Baru Imlek. SB/AFP/DW/I-1

 

 

 

Tampilkan Semua

Biden Ingin Perpanjang “New START”

Sabtu 23/1/2021 | 06:19
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, pada Kamis (21/1) menyatakan akan memperpanjang perjanjian New START (Strategic Arms Reduction Treaty) antara AS dengan Russia selama 5 tahun lagi, beberapa hari sebelum...
Selengkapnya

Biden Depak Direktur VoA

Sabtu 23/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON DC – Pemerintahan Amerika Serikat (AS) pimpinan Presiden Joe Biden, telah mendepak pucuk kepemimpinan di Voice of America (VoA) dan agensi induknya pada Kamis (21/1). Kali ini yang didepak adalah Robert R Reilly,...
Selengkapnya

Pandemi Singkap Kemiskinan Terselubung di Negeri Sakura

Sabtu 23/1/2021 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Yuichiro tak kuasa menahan air matanya setelah ia menerima bingkisan makanan di sebuah acara sosial yang ditujukan untuk membantu semakin banyaknya warga Jepang yang jatuh miskin akibat pandemi virus korona. “Tak ada pekerjaan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Gibran Bantah Terlibat Kasus Dugaan Korupsi di Kemensos

Senin 21/12/2020 | 15:59
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Putra Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, membantah adanya informasi bahwa pihaknya terlibat dalam kasus dugaan korupsi bantuan sosial Menteri Sosial Juliari Batubara.

Melalui siaran pers, Jakarta, Senin (21/12), Gibran menekankan bahwa pihaknya tidak pernah ikut campur atau merekomendasikan pengadaan goodie bag dari PT Sritex yang digunakan sebagai wadah paket bansos yang dibagikan Kemensos.

"Tidak benar itu, saya tidak pernah rekomendasikan atau memerintah atau ikut campur dalam urusan bansos, apalagi rekomendasikan goodie bag, tidak pernah. Itu berita tak benar," kata Gibran melalui rilis seperti dikutip dari Antara.

Gibran pun menantang agar semua pihak membuktikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menelusuri kebenaran isu tersebut.

Selain itu, dia juga meminta agar melakukan pengecekan kepada pihak Sritex.

"Nanti silakan di-crosscheck KPK, crosscheck ke Sritex, sepertinya Sritex juga sudah keluarkan statement, jadi itu berita tidak benar dan tidak bisa dibuktikan. Kalau mau korupsi, kenapa kok baru sekarang, tidak dulu-dulu? Tidak, saya tidak pernah seperti itu," ujar Gibran.

Terkait dengan dana kampanye, Gibran pun mempersilakan seluruh pihak untuk memeriksa secara langsung mengingat laporan itu secara terbuka dan transparan.

"Lho 'kan bisa dicek sendiri, bisa dicek semua LHKPN, dana kampanye bisa semua dicek online. Silakan nanti dicek kepada Bu Roro selaku bendahara tim Gibran, kami tak pernah tutup-tutupi," tutur Gibran.bud/E-9

Tampilkan Semua

. Polisi Ungkap Avsec Bandara Soetta Terkait Kerumunan Massa

Kamis 19/11/2020 | 23:46
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Polda Metro Jaya mengungkapkan Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta diklarifikasi terkait protokol kesehatan saat kedatangan kembali Rizieq Shihab di Indonesia. "Kalau yang dari bandara itu kita harus mengetahui...
Selengkapnya

Panglima TNI Beri Ucapan Selamat Atas Pengabdian Korps Marinir

Senin 16/11/2020 | 05:35
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa perjuangan dan pengabdian Korps Marinir telah mewarnai sejarah perjalanan bangsa Indonesia."Saya mengucapkan selamat hari ulang tahun...
Selengkapnya

Tangkap Ikan Secara Ilegal di Pulau Berhala, Kapal Ikan Malaysia Ditangkap Satgas 115

Minggu 15/11/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Tim Satgas 115 berhasil meringkus kapal ikan asing berbendera Malaysia dan dinakhodai oleh warga negara Myanmar, yang tengah menangkap ikan secara ilegal di dekat perairan Pulau Berhala, Sumatera Utara."Waktu kita tangkap, kapal...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Ekonomi

Saham Spanyol "Memerah", Indeks IBEX 35 Terpuruk 1,06 Persen

Sabtu 23/1/2021 | 07:33
A   A   A   Pengaturan Font

Madrid - Saham-saham Spanyol sebagian besar ditutup di zona merah pada perdagangan Jumat (22/1), mencatat kerugian untuk hari kedua berturut-turut, dengan indeks acuan IBEX 35 di Bursa Efek Madrid terpuruk 1,06 persen atau 85,70 poin, menjadi menetap di 8.036,40 poin.

Indeks IBEX 35 merosot 1,00 persen atau 82,00 poin menjadi 8.122,10 poin pada Kamis (21/1), setelah naik tipis 0,06 persen atau 5,10 poin menjadi 8.204,10 poin pada Rabu (20/1), dan tergelincir 0,67 persen atau 55,50 poin menjadi 8.199,00 poin pada Selasa (19/1).

Dari 35 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen indeks IBEX 35, hanya empat saham yang berhasil meraih keuntungan, sementara 30 saham lainnya menderita kerugian dan satu saham berakhir tidak berubah.

Banco de Sabadell SA, perusahaan jasa keuangan dan perbankan Spanyol, mengalami kerugian paling besar (top loser) di antara saham-saham unggulan atau blue chips, dengan nilai sahamnya terperosok 4,99 persen.

Disusul oleh dua saham perusahaan jasa keuangan dan perbankan Spanyol lainnya, Bankia SA dan CaixaBank SA, yang masing-masing terpangkas 3,94 persen dan 3,93 persen.

Di sisi lain lain, Cellnex Telecom SA, perusahaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi nirkabel Spanyol, berhasil meraih keuntungan paling besar (top gainer) di antara saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya melonjak 3,88 persen.

Diikuti oleh saham perusahaan utilitas listrik terbesar di Spanyol Endesa SA yang terangkat 0,74 persen, serta perusahaan yang memelihara dan mengoperasikan jaringan transmisi listrik Spanyol Red Electrica Corporacion SA menguat 0,47 persen. Ant/N-3

Tampilkan Semua

Saham Inggris Kembali Merosot, Indeks FTSE 100 Menyusut 0,30 Persen

Sabtu 23/1/2021 | 07:28
A   A   A   Pengaturan Font
London - Saham-saham Inggris kembali ditutup merosot pada perdagangan Jumat (22/1), memperpanjang penurunan untuk hari kedua berturut-turut, dengan indeks acuan FTSE 100 di Bursa Efek London menyusut 0,30 persen atau 20,35 poin, menjadi...
Selengkapnya

Saham Jerman Melemah Hari Kedua, Indeks DAX 30 Tergerus 0,24 Persen

Sabtu 23/1/2021 | 07:23
A   A   A   Pengaturan Font
Frankfurt - Saham-saham Jerman kembali ditutup lebih rendah pada perdagangan Jumat (22/1), memperpanjang penurunan untuk hari kedua berturut-turut, dengan indeks acuan DAX 30 di Bursa Efek Frankfurt tergerus lagi 0,24 persen atau 32,70...
Selengkapnya

Saham Prancis Turun Lagi, Indeks CAC 40 Tergelincir 0,56 Persen

Sabtu 23/1/2021 | 07:18
A   A   A   Pengaturan Font
Paris - Saham-saham Prancis berakhir lebih rendah lagi pada perdagangan Jumat (22/1), mencatat kerugian untuk hari kedua berturut-turut, dengan indeks acuan CAC 40 di Bursa Efek Paris tergelincir 0,56 persen atau 31.22 poin, menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
beriklan di koran jakarta
Daerah

Cuaca Buruk, ASDP Kupang Tutup Sementara Tiga Rute Penyeberangan

Jumat 22/1/2021 | 18:35
A   A   A   Pengaturan Font

KUPANG- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang menutup sementara layanan pada tiga rute penyeberangan antardaerah di Nusa Tenggara Timur akibat kondisi cuaca buruk yang melanda wilayah perairan laut.

"Tiga rute yang kita tutup sementara sejak beberapa hari lalu karena cuaca buruk yaitu Kupang-Rote Ndao, Kupang-Sabu Raijua-Sumba Timur dan Kupang-Lembata," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang Cut Prayitno ketika dihubungi di Kupang, Jumat.

Ia menjelaskan, kondisi cuaca ekstrem berupa gelombang tinggi dan angin kencang terjadi di wilayah perairan pada tiga rute tersebut sehingga tidak memungkinkan kapal ferry melakukan penyeberangan.

Prayitno mengatakan pihaknya belum memastikan kapan rute-rute penyeberangan tersebut kembali dilayani karena masih disesuaikan dengan kondisi cuaca di laut.

"Kami terus monitor perkembangan cuaca dari BMKG untuk memutuskan kapan rute-rute ini dibuka kembali," katanya seperti dikutip dari Antara.

Ia beharap masyarakat yang hendak menggunakan jasa penyeberangan ferry agar bersabar karena penutupan sementara ini demi memastikan keamanan dan keselamatan dalam pelayaran.

"Mudah-mudahan kondisi cuaca segera bersahabat sehingga layanan penyeberangan kepada masyarakat bisa dilakukan kembali seperti biasa," katanya.bud/E-9

Tampilkan Semua

Satgas Covid-19 Balikpapan AKan Tambah Ruang Perawatan

Kamis 21/1/2021 | 20:10
A   A   A   Pengaturan Font
BALIKPAPAN- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Balikpapan akan menambah ruang perawatan di rumah sakit yang sudah sejak awal terlibat dalam penanganan pasien terinfeksi virus corona jenis baru tersebut.“Kalau kita bangun RS...
Selengkapnya

Fakultas Farmasi Unhas Kirim Bantuan Obat-Obatan ke Sulbar

Kamis 21/1/2021 | 19:56
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- - Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin mengirim bantuan logistik termasuk obat-obatan dan multivitamin kepada para korban gempa di Sulawesi Barat.Dekan Farmasi Prof Dr Subehan M Pharm di Makassar, Kamis (21/1), mengatakan...
Selengkapnya

Februari, KRL Solo-Yogyakarta Diuji Coba

Selasa 19/1/2021 | 21:59
A   A   A   Pengaturan Font
SOLO- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan membuka uji coba Kereta Rel Listrik (KRL) rute Solo-Yogya untuk masyarakat mulai bulan Februari 2021."Tanggal 1 Februari masyarakat bisa ikut uji coba, sampai tanggal 7 Februari. Untuk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
beriklan di koran jakarta
Otomotif

Mercedes-Benz Indonesia Hadirkan Dua Kendaraan Segmen C-Class

Jumat 22/1/2021 | 18:28
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-PT Mecedes-Benz Distributor Indonesia (MBDI) kembali meramaikan pasar kendaraan premium dengan menghadirkan dua kendaraan segmen C-Class, yakni Mercedes-Benz C 300 AMG Final Edition dan Mercedes-Benz C 200 AMG Final Edition.

Kehadiran C-Class diklaim telah menjadi kendaraan primadona selama lebih dari dua dekade setelah kemunculan Mercedes-Benz W 202 dirakit di pabrik Wanaherang dan kemudian diperkenalkan sebagai Mercedes-Benz C 180 untuk pertama kalinya di tahun 1994.

"Kami sangat bangga memperkenalkan Mercedes-Benz C 300 AMG Final Edition dan Mercedes-Benz C 200 AMG Final Edition di Indonesia hari ini,” ujar Choi Duk Jun, President Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia pada acara peluncuran secara virtual, Jumat (22/1).

"Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition menonjolkan perpaduan yang sempurna dan seimbang antara karakteristik penampilan sporty, fitur keselamatan unggulan, serta tingkat fungsionalitas kendaraan yang tinggi. Dirakit di pabrik kami di Wanaherang, Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition telah berevolusi untuk memenuhi kebutuhan sedan luxury pelanggan di Indonesia," tambah dia.

Hadirnya Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition merupakan penyempurnaan dari generasi pendahulunya di Indonesia. Selama dua dekade, Mercedes-Benz telah merakit 4 generasi model C-Class di pabrik Wanaherang, yaitu: W 202 (1994), W 203 (1998), W 204 (2007), dan W 205 (2015).

Choi Duk Jun kembali menambahkan bahwa kendaraan sedan telah menjadi salah satu ikon dan identitas terpenting Mercedes-Benz, memberikan kontribusi penjualan yang signifikan setiap tahunnya.

"Mercedes-Benz C-Class adalah salah satu pemain yang meramaikan segmen sedan di industri otomotif Indonesia. Oleh karena itu, kami yakin bahwa Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition akan memenuhi kebutuhan pelanggan Indonesia," tambah Choi Duk Jun seperti dikutip dari Antara.

Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition
Kendaraan ini hadir dengan desain interior dan eksterior yang telah dimodifikasi menjadi lebih stylish. Selain itu, para pelanggan juga akan mendapatkan pengalaman menarik dengan tampilan instrumen kendaraan yang telah sepenuhnya digital dan sistem multimedia yang memiliki informasi dan musik yang dirancang khusus sesuai keinginan penggunanya.

Dari bagian luar, desain lampu depan dengan desain interior terbaru C-Class mengkombinasikan sisi emosional dan kecerdasan dimana karakteristiknya ditonjolkan pada desain lampu depan serta lampu belakang.

Dengan model facelift, jajaran kendaraan AMG menampilkan diamond radiator grille sebagai standar, tapi bumper depan telah didesain ulang untuk semua varian. Dengan eksterior AMG, kendaraan ini menggunakan apron depan AMG dengan geometri baru dan desain baru di bagian belakang.

Bumper belakang model ini memiliki bagian bawah baru: geometri, trim dan trim knalpot bervariasi sesuai dengan perlengkapan dan varian mesin yang dipilih. C 200 AMG Final Edition dilengkapi velg berbahan light-alloy ukuran 18 inci dengan desain AMG 5-spoke.

Sedangkan C 300 AMG Final Edition dilengkapi dengan velg light-alloy ukuran 19 inci dengan desain AMG 5-twin-spoke. Pada C 300 AMG Final Edition juga terdapat panoramic sliding sunroof sebagai standar yang membuat kesan visual unik jika dilihat dari luar.

Kendaraan ini juga menghadirkan varian warna yang beragam dan juga pilihan warna baru seperti, Mojave silver, designo Hyacinth red, Brilliant blue, dan Graphite grey, serta dua warna yang paling populer, Obsidian black dan Polar white.

Mercedes-Benz, menghadirkan fitur keamanan yang canggih. C-Class AMG Final Edition baru hadir dengan Active Brake Assist yang sudah disempurnakan sebagai standar.

Fitur ini dapat membantu mengurangi potensi dan sepenuhnya menghindari tabrakan dari belakang untuk situasi kendaraan dalam kecepatan rendah, akan berhenti atau ketia ada kendaraan berhenti di depan, dan bahkan ketika pejalan kaki dan pengendara sepeda menyeberang.

C-Class AMG Final Edition menampilkan sistem bantuan mengemudi Mercedes-Benz terbaru yang menawarkan dukungan kooperatif pengemudi, oleh karena itu memberikan tingkat keselamatan aktif yang lebih tinggi, termasuk Blind Spot Assist untuk C 200 AMG Final Edition dan C 300 AMG Final Edition.

Mercedes-Benz C 200 AMG Final Edition dan C 300 AMG Final Edition akan tersedia di diler resmi kami mulai Januari 2021. Sedangkan harga untuk C 200 AMG Final Edition dibanderol Rp920 juta off the road dan C 300 AMG Final Edition dibanderol Rp1.020 miliar off the road.bud/E-9




Tampilkan Semua

Kembangkan Mobil Listrik Volkswagen Siapkan Investasi 11 Miliar Euro

Jumat 22/1/2021 | 18:18
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Pabrikan mobil Jerman Volkswagen akan menginvestasikan 11 miliar euro atau setara sekira 187 triliun rupiah hingga 2024 untuk mengembangkan mobilitas listrik.Dana ratusan triliun itu antara lain untuk mengubah fasilitas produksi...
Selengkapnya

Pasar Mobil Bekas Kembali Bergairah Pada Kuartal II-2021

Rabu 20/1/2021 | 17:17
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Pasar kendaraan/mobil bekas (mobkas) akan kembali tumbuh pada kuartal kedua 2021 karena konsumen mulai berani menginvestasikan uang mereka ke kendaraan, kata General Manager Carsome Indonesia, Delly Nugraha.Menurut Delly,...
Selengkapnya

Yamaha R15, Tampil Dengan Tiga Warna Baru

Rabu 20/1/2021 | 17:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA-Yamaha Indonesia memberikan tiga warna baru untuk motor sport Yamaha R15 antara lain metallic blue, matte silver, dan matte black, dengan harga yang tidak naik, yakni Rp 37.080.000 berstatus on the road Jakarta."Pasar motor sport...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Samsung Akan Produksi Massal Layar OLED untuk Laptop

Jumat 22/1/2021 | 18:08
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Samsung Display akan memproduksi massal layar OLED untuk laptop dengan refresh rate yang lebih tinggi pada kuartal pertama tahun ini, mengincar peningkatan penjualan di tengah pandemi.

Produsen layar asal Korea Selatan tersebut mengatakan produksi massal layar OLED 90Hz untuk laptop akan dimulai pada Maret.

Afiliasi dari Samsung Group itu mengatakan sebagian besar laptop di pasaran saat ini hadir dengan tampilan refresh rate 60Hz, namun produk terbarunya akan memberikan pengalaman lebih mulus bagi pengguna.

"Samsung Display membantu memperkenalkan perubahan besar di pasar karena bekerja sama erat dengan produsen global. Dalam merender gambar statis 90 kali per detik, mereka akan membuat gerakan terlihat lebih hidup, atau lebih tajam, dari perspektif warna," kata Samsung Display, dikutip dari Yonhap, Jumat (22/1).

Perusahaan tersebut mengatakan tampilan OLED sebenarnya memiliki waktu respons layar yang lebih cepat daripada layar LCD dengan refresh rate yang sama.

"Layar OLED 90Hz menawarkan pengendaraan kecepatan tinggi yang sebenarnya setara dengan layar LCD 120Hz," menurut Samsung Display, setelah hasil pengujiannya menunjukkan bahwa gambar dari OLED 90Hz dan layar LCD dengan refresh rate 120Hz, masing-masing adalah 0,9 mm dan 1 mm.

Samsung berharap produk layar barunya itu dapat membukukan penjualan dengan cepat karena permintaan laptop meningkat menyusul peningkatan aktivitas kerja dari rumah, pembelajaran jarak jauh dan hiburan online di tengah pandemi.

Menurut peneliti pasar TrendForce, pengiriman notebook secara global pada 2021 diproyeksikan mencapai 216,8 juta unit, naik 8,1 persen dari tahun lalu.Ant/E-9



Tampilkan Semua

Facebook Serahkan Penangguhan Akun Trump ke Dewan Pengawas Independen

Jumat 22/1/2021 | 18:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Facebook menyerahkan keputusan penangguhan tanpa batas waktu akun Donald Trump ke dewan pengawas independen.Akun Trump akan tetap ditangguhkan, sementara dewan pengawas, badan yang belum lama ini dibentuk Facebook, meninjau...
Selengkapnya

Turki Melarang Pemasangan Iklan di Twitter

Rabu 20/1/2021 | 17:15
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Otoritas Teknologi Informasi dan Komunikasi Turki telah memberlakukan larangan iklan di Twitter, Periscope dan Pinterest berdasarkan undang-undang media sosial baru, Reuters melaporkan, Selasa (19/1).Undang-undang, yang menurut...
Selengkapnya

Youtube Ujicoba Produk Baru

Minggu 17/1/2021 | 22:45
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- YouTube dilaporkan sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna membeli produk yang mereka lihat di video secara langsung dari platform tersebut.Penonton akan dapat menemukan dan berbelanja produk yang diunggulkan dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Surya Internusa Group Luncurkan Subang Smartpolitan

Selasa 22/12/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Setelah sukses mengembangkan kawasan industri Suryacipta City of Industry di Karawang, Surya Internusa Group (SSIA) melalui anak usahanya, PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta) telah meluncurkan pembangunan kawasan kota mandiri masa depan yang berkonsep smart & sustainable city bertajuk “Subang Smartpolitan”. 
 
Subang Smartpolitan yang berada di kawasan Rebana Metropolitan ini telah menjadi incaran para pelaku bisnis dari dalam dan luar negeri yang akan mengembangkan usahanya di Indonesia khususnya di koridor timur Jawa Barat.
 
Presiden Direktur Surya Internusa Group, Johannes Suriadjadja, mengatakan Subang Smartpolitan a city made from future dengan konsep smart & sustainable. Kita bangun kota mandiri berkualitas yang selaras dengan visi perusahaan yakni Building a Better Indonesia. Subang Smartpolitan akan menjadi kota modern penuh kreatifitas yang memberikan kontribusi bukan hanya pada kota Subang tetapi juga untuk Indonesia.
 
“Subang Smartpolitan menyediakan infrastruktur berbasis IoT dimana perencanaannya mengedepankan teknologi dan sistem perkotaan yang efisien dan terintegrasi, sehingga Subang Smartpolitan bisa menjadi contoh ideal bagi pengembangan kota mandiri selanjutnya di Indonesia,” kata Johannes dalam keterangan tertulisnya.  
 
Sedangkan, VP Sales & Marketing, Abednego Purnomo menjelaskan definisi “sustainable” pada konsep smart & sustainable kami tidak hanya berkiblat kepada ramah lingkungan, namun “sustainable” disini juga diartikan bahwa setiap investasi/bisnis yang dilakukan di Subang Smartpolitan berjalan berkesinambungan.
 
“Pengalaman kami selama 31 tahun di Suryacipta City of Industry di Karawang telah kami tingkatkan dengan mengadopsi teknologi terkini guna mengedepankan efisiensi dan efektifitas dalam berinvestasi. Sebagai contoh dimana nantinya investor dapat memonitor dan mengontrol operational di Subang Smartpolitan dari kantor mereka di Jakarta, atau bahkan dari kantor pusat mereka di negara asal,” katanya.
 
Abednego juga mengatakan bahwa Subang Smartpolitan juga menerapkan konsep ramah lingkungan (green technology) seperti pengolahan limbah cair Waste Water Treatment Plant (WWTP) yang dimonitor secara  ketat sehingga tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan akibat aktifitas industri di Subang Smartpolitan. 
 
“Untuk limbah cair akan diolah di WWTP hingga limbah yang dikembalikan ke alam sudah dipastikan aman. Untuk limbah padat atau limbah B3 (mengandung zat beracun/berbahaya) akan diserahkan pada pengelola limbah terakreditasi dan bersertifikat, sedangkan limbah rumah tangga akan diangkut oleh petugas kebersihan,” katanya. 
 
Sementara itu, VP Investor Relations & Corporate Communications SSIA, Erlin Budiman, mengatakan Subang Smartpolitan berdiri di atas lahan 2,700 Ha dengan pengembangan tahap pertama 400 Ha termasuk kawasan industri, residensial serta komersial (pendidikan, rumah sakit dan hotel) sehingga menjadikan kawasan ini sebagai cikal bakal kota mandiri masa depan yang tepat untuk aktivitas bekerja, tinggal, belajar serta hiburan.
 
“Ada 2 rumah sakit yang sedang dalam tahap penjajakan, selain itu juga akan dibangun shopping mall, factory outlet, fasilitas hiburan dan olahraga. Dalam kawasan juga akan terdapat danau dan suasana asri dari pepohonan dan taman yang menambah nyaman suasana. Semua kita rencanakan secara matang dan ditargetkan pembangunan tahap pertama rampung dalam 5 tahun” katanya.
 
Seperti yang diketahui bahwa Subang Smartpolitan merupakan pelopor di Rebana Metropolitan, yang memiliki akses langsung melalui tol Cipali, Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, serta kereta cepat yang bisa dijangkau dengan mudah dari Jakarta. Pembangunan akses tol dari KM 89 Cipali menuju kawasan Subang Smartpolitan yang juga membuka akses langsung ke Pelabuhan Patimban akan dirampungkan pada tahun 2024.
 
Sejumlah investor dari berbagai industri sudah menyatakan tertarik mengembangkan bisnis di Subang Smartpolitan. Ditargetkan di kawasan tersebut akan hadir perusahaan dari sektor otomotif, consumer goods, pharma & medical equipment, high precision industries, IT, data services, logistic, warehouse dan sebagainya. “Berkaca dari pengalaman di Suryacipta City of Industry, perusahaan yang mengisi kawasan industri kami 70% dari perusahaan multinasional dan sisanya perusahaan nasional,” tutup Erlin.  mza
Tampilkan Semua

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE...
Selengkapnya

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

LIB Tegaskan Simulasi Liga Tak Tampilkan Pertandingan Penuh

Sabtu 23/1/2021 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta,- Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menegaskan bahwa simulasi liga yang digelar sebelum musim 2021 dimulai tidak tampilkan pertandingan penuh 2x45 menit.

"Bukan pertandingan betulan. Jadi mungkin hanya sekitar 10 menit. Nanti yang diperlihatkan seperti tidak boleh berpelukan saat selebrasi," ujar Akhmad Hadian ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Jumat.

LIB berencana mengadakan simulasi jalannya liga sebelum Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021 dimulai.

Menurut Akhmad Hadian, hal itu dilakukan untuk memperlihatkan kepada otoritas terkait termasuk pihak Polri bagaimana teknis kompetisi di tengah pandemi COVID-19.



Oleh sebab itu, dia menyebut bahwa LIB akan memberikan surat kepada Kapolri baru terkait simulasi tersebut.

Penetapan Kapolri anyar tinggal menunggu pelantikan oleh Presiden Joko Widodo yang rencananya digelar sebelum Januari 2021 tuntas.

Adapun nama yang akan disahkan Presiden sebagai Kapolri, setelah lolos uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI, adalah Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Kami akan bersurat ke Kapolri baru," tutur Akhmad Hadian.



Terkait simulasi, dia melanjutkan, LIB akan memperlihatkan proses jalanya proses laga dari awal sampai akhir.

Akan ditunjukkan tahap-tahap seperti ketika pemain dibawa dari hotel ke stadion, lalu ke ruang ganti, bertanding sampai kembali ke penginapan.

"Lalu nanti ada juga skenario ketika ada pemain yang positif COVID-19. Tentu ada karantina dan lain-lain. Namun untuk simulasi ini kami masih terus merancangnya. Kami perlu memastikan soal seperti berapa orang yang terlibat, di mana tempatnya. Untuk waktu, kami ingin secepatnya," tutur Akhmad Hadian.

PSSI resmi menghentikan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2020 dengan alasan keadaan kahar (force majeure) akibat pandemi COVID-19 dan menetapkan tidak ada juara meski dua kompetisi tersebut sudah berjalan beberapa pekan tahun 2020.



Keputusan itu diambil PSSI dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang digelar pada Rabu (20/1).

Selain tidak ada juara, PSSI juga menetapkan tidak ada klub yang didegradasi dari Liga 1 dan Liga 2 musim 2020. Oleh karena itulah, semua tim peserta musim 2020 masih menjadi klub yang bersaing di Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

Terakhir, PSSI mempersilakan klub untuk mengurus kontrak pemain sesuai dengan aturan keadaan kahar di masing-masing tim.ant/P-4

 

Tampilkan Semua

Hendra/Ahsan ke Semifinal Thailand Open

Jumat 22/1/2021 | 20:47
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK - Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan merangsek ke babak semifinal Thailand Open 2021 setelah menyingkirkan pasangan wakil Inggris Ben Lane/Sean Vendy dengan dua gim langsung 21-14, 21-13 di babak delapan...
Selengkapnya

Greysia/Apriyani Melaju ke Semifinal Thailand Open

Jumat 22/1/2021 | 17:10
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK - Perwakilan Indonesia dari sektor ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu melanjutkan langkahnya ke babak semifinal Toyota Thailand Open 2021 setelah menumbangkan pasangan asal Denmark Alexandra Boje/Mette Poulsen. Pada...
Selengkapnya

Hafiz/Gloria Gagal ke Semifinal Toyota Thailand Open

Jumat 22/1/2021 | 17:06
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK - Wakil Indonesia dari sektor ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja belum berhasil merebut tiket ke babak semifinal ajang Toyota Thailand Open 2021 dari pasangan Malaysia Hoo Pang Ron/Cheah Yee See. Pada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Dua Pengakuan Menkes Budi Gunadi

Sabtu 23/1/2021 | 07:24
A   A   A   Pengaturan Font
Kita harus ingat bahwa kesalahan dalam kebijakan penanganan akan berpengaruh pada jumlah kasus Covid-19

Dua pernyataan tegas dan terbuka dari Menteri Kesehatan ( Menkes), Budi Gunadi Sadikin, dalam acara “Vaksin dan Kita” yang diselenggarakan Komite Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah Jawa Barat, yang ditayangkan kanal YouTube PRMN SuCi, Jumat (22/1), patut kita apresiasi dan renungkan.

Pernyataan pertama adalah pengakuan Menkes bahwa sistem pemeriksaan (testing) Covid-19 di Indonesia salah secara epidemiologi.

Seharusnya testing dilakukan kepada orang yang suspek, bukan mereka yang mau pergi keluar. Seharusnya testing dilakukan terhadap orang yang sebelumnya telah melakukan kontak dekat dengan pasien positif Covid-19, bukan kepada mereka yang akan melakukan pertemuan.

Pernyataan kedua Menkes adalah dia kapok menggunakan data Kemenkes sebagai basis data untuk vaksinasi Covid-19. Budi kini beralih mengunakan menggunakan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai basis data untuk vaksinasi Covid-19.

Sejak pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia pada 2 Maret 2020, untuk pertama kalinya, hingga saat ini, kurva penularan Covid-19 belum menunjukkan penurunan. Malahan yang terjadi makin banyaknya warga yang tertular virus pandemi global ini. Tren penularan makin mengkhawatirkan dan memburuk.

Peringatan tentang berbagai kekeliruan dan kesalahan kebijakan pemerintah dalam menanganani Covid-19, telah berulang-ulang kali dikoarkan sejumlah ahli epidemiologi dan pakar kesehatan lainnya, sejak kasus positif muncul di negeri ini.

Kritik pertama para ahli kesehatan muncul saat pemerintah memasifkan gerakan rapid test. Ahli epidemiologi meminta pemerintah menghentikan rapid test untuk pendeteksian awal kasus Covid-19. Ahli epidemiologi mengingatkan bahwa rapid test yang berlandaskan antibodi hanya digunakan sebagai survei serologi, bukan untuk pendeteksian awal. Rapid test itu akurasinya hanya 30 persen dibandingkan PCR yang 90 persen. Tapi, kritikan para ahli itu dianggap angin lalu. Dan pemerintah memesan 500.000 alat rapid tes, untuk didistribusikan ke daerah.

Mundurnya Guru Besar Universitas Indonesia (UI) yang juga spesialis urologi, Akmal Taher, dari Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, pada September 2020, juga menjadi indikasi ada sesuatu yang salah dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Kita sepakat bahwa virus Covid-19 ini adalah hal yang baru dan pemerintah belum terbiasa atau tergagap-gagap dalam menangani pandemi global sejenis ini. Tetapi, kita harus ingat bahwa kesalahan dalam kebijakan penanganan akan berpengaruh pada jumlah kasus Covid-19.

Faktanya, saat ini walaupun testing dilakukan telah melampaui dari target WHO, tetapi angka penularan Covid-19 masih tinggi di negeri ini.

Karena itu, pemerintah harus melakukan introspeksi kebijakan. Jangan sampai anggaran triliunan rupiah yang dikeluarkan untuk penanganan pandemi ini menjadi sia-sia. Yang terjadi anggaran negara bablas dan utang menumpuk. n

Tampilkan Semua

Berharap pada Kapolri Baru

Jumat 22/1/2021 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Siapa pun berhak menjadi apa pun jika memang berkualitas. Inilah tanda kedewasaan bangsa, menempatkan seseorang pada jabatan tertentu berdasarkan kualitas, bukan primordial. Indonesia sebentar lagi memiliki Kapolri baru. Dialah Komjen...
Selengkapnya

Trump Dobrak Tradisi di Gedung Putih

Kamis 21/1/2021 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Trump meninggalkan Gedung Putih dan bertolak ke resornya, Mar-a-Lago, Florida, melalui Pangkalan Militer Andrews, Rabu (20/1) pagi pukul 08.15. Transisi kekuasaan yang damai selalu menjadi ciri khas dan ikon ratusan tahun sistem...
Selengkapnya

Hoaks Vaksinasi Harus Dilawan

Rabu 20/1/2021 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah harus melawan hoaks, perbanyak lagi keunggulan-keunggulan vaksin sinovac yang sudah kita beli. Vaksinasi Covid-19 sudah dilakukan seminggu lalu. Tepatnya 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo menjadi orang Indonesia pertama...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Deteksi Masalah Jaringan XL Axiata Gunakan Teknologi AI

Jumat 22/1/2021 | 18:49
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Seiring waktu operasional jaringan telekomunikasi seluler semakin kompleks. Apalagi dengan akan bertambahnya jaringan 5G beberapa waktu mendatang. Untuk menciptakan pelayanan prima tingkat kompleksitas ini tidak lagi dapat dilakukan secara manual.

Salah satu usaha yang dilakukan XL Axiata dalam menciptakan layanan yang terus menerus dengan pemadaman (service outage) yang bisa cepat diatasi perlu bantuan teknologi yang canggih. Teknologi kecerdasan buatan (AI) dapat mengatasi kompleksitas masalah secara otomatis.

 “Dulunya secara manual masalah dapat ditangani dalam waktu 15 menit 30 menit. Dengan digitalisasi dapat waktu lima menit. Sehingga saat satu site down kita bisa merespon dalam waktu cepat,” ujar Direktur & Chief Information-Digitalization Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya dalam konferensi pers Kamis (21/1).

Guna memberikan layanan yang lebih baik bersama dengan vendor teknologi Huawei, XL Axiata menerapkan platform Zero Touch Operation (ZTO) termasuk otomatisasi pengelolaan jaringan (Automation NOC- Network Operation Center). Dengan platform tersebut perusahaan ini mengklaim mengatasi masalah gangguan lebih cepat.

Bukan hanya mengatasi saat telah terjadi gangguan, Platform ZTO dapat mengetahui adanya potensi gangguan. Dengan kemampuan antisipatif  ini maka dampak gangguan, terhadap pelanggan yang akan terdampak bisa diminimalkan.

“Agar mampu menyediakan berbagai layanan yang maksimal sesuai dengan ekspektasi pelanggan, kami juga berupaya untuk meminimalisir dampak gangguan pada sisi jaringan. Dengan menerapkan platform Zero Touch Operation, banyak aktivitas operasional termasuk pengelolaan jaringan bisa diproses secara otomatis,” ungkap Yessie.

ZTO secara khusus diterapkan untuk menjalankan pekerjaan yang berulang dan memiliki tingkat kognitif yang rendah, serta membutuhkan banyak sumber daya manusia. Dengan demikian semua pekerjaan yang sudah memiliki Standard Operational Procedure (SOP) yang baku akan bisa dikerjakan oleh mesin atau tidak perlu lagi dikerjakan secara manual.

Implementasi platform ZTO oleh XL Axiata telah berhasil memberikan manfaat berupa ketersediaan jaringan meningkat sekitar 4,2 persen, volume download naik hingga 45 persen, waktu respon terhadap persoalan jaringan 90 persen lebih cepat,  waktu untuk restorasi lebih cepat 35 persen peningkatan kualitas 4G hingga 18 persen.

Direktur Proyek Huawei, Manase Ginting mengatakan, platfrom ZTO bekerja dengan menggunakan algoritma machine learning untuk mengolah data guna menghasilkan informasi dan rekomendasi mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan termasuk automatic resolution berdasarkan aturan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Salah satu tantangan penerapan ZTO adalah mengintegrasikan bermacam perangkat dari vendor teknologi yang berbeda. “Di sini kita belajar semuanya itu memerlukan waktu untuk sampai pada tahap,” ujar dia.  Hay/G-1

 

Tampilkan Semua

VW Invest Mobil Listrik Rp187 Triliun

Jumat 22/1/2021 | 14:51
A   A   A   Pengaturan Font
Pabrikan mobil Jerman Volkswagen (VW) akan menginvestasikan 11 miliar euro atau setara sekitar 187 triliun hingga 2024 untuk mengembangkan mobil listrik. Antara lain untuk mengubah fasilitas produksi lebih lanjut di Emden atau...
Selengkapnya

Kerja Keras Mendorong ke Puncak

Jumat 22/1/2021 | 14:41
A   A   A   Pengaturan Font
Upaya keras tidak akan sia-sia. Kira-kira begitulah yang dirasakan penyanyi Olivia Rodrigo. Penyanyi tersebut telah bekerja ekstrakeras untuk karirnya dan itu berbuah manis. Sebab sekarang dia tengah berada di puncak tangga lagu-lagu...
Selengkapnya

Akhirnya Negeri “Super Power” Punya Wapres Wanita

Jumat 22/1/2021 | 14:39
A   A   A   Pengaturan Font
Kemarin menjadi sejarah bagi negeri adidaya (super power) Amerika Serikat (AS) karena akan memiliki wakil presiden wanita untuk pertama kali. Kamala Harris menjadi wanita pertama yang dilantik sebagai Wapres AS. Kemarin presiden...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Wagub Serahkan Masalah Rusaknya Rumah Pompa ke Polisi

Jumat 22/1/2021 | 23:27
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA  - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya menyerahkan masalah dugaan perusakan di rumah pompa Dukuh Atas oleh orang tak dikenal kepada pihak berwajib yakni kepolisian.

"Nah kejadian yang beberapa hari kemarin ini, sedang diproses, kita akan lihat. Apa motifnya, apa masalahnya, apa yang dilakukan. Jadi kita serahkan nanti pada pihak kepolisian untuk mencari tahu lebih detil lagi," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat (22/1).

Riza juga menyampaikan kejadian serupa pernah terjadi di Rumah Pompa Dukuh Atas pada tahun 2020 lalu. Namun sebelum sempat melancarkan aksinya, pelaku ditangkap petugas pompa.

"Terkait pompa, memang pernah ada ya kejadiannya dulu 24 Juli 2020. Ada orang tak dikenal masuk ke rumah pompa dini hari, tapi keburu ketangkap," ucapnya.

Riza memastikan operasional pompa air berjalan normal meski kabel listrik dipotong oleh orang tak dikenal. Politikus Partai Gerindra ini menyerahkan penanganan kasus ini kepada aparat penegak hukum.

"Tapi alhamdulillah sekalipun ada kabel yang dipotong, tidak menghentikan pompa yang ada tetap berfungsi," ujarnya.

Sebelumnya, kabel meteran listrik Rumah Pompa Dukuh Atas dirusak oleh orang tak dikenal. Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Pusat menyebut perusakan kabel meteran listrik itu diketahui minggu lalu.

"Sebenarnya kejadiannya tanggal ketahuan itu di tanggal 14 Januari 2021. Jadi yang diputus itu, yang diputus paksa itu kabel pengawat. Jadi untuk meteran listriknya ya," kata Kepala Seksi Jalan Jembatan dan Kelengkapan Jalan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat, Yudha Catur Suharnanto, saat dihubungi, Kamis (21/1).

"Saya nggak mau berandai-andai nih, karena kita juga nggak tahu ya. Pelaku nggak ketahuan, motifnya apa. Cuma intinya, pas kemarin itu kabel pengawatnya diputus, gitu," katanya.

Perusakan kabel listrik itu diketahui saat petugas PLN melakukan pengecekan listrik rutin. Saat itu, antara kabel dan meteran listrik telah terputus. ant/P-5


Tampilkan Semua

Anies Segera Proses Pengisi Jabatan Wali Kota Jakarta Selatan

Jumat 22/1/2021 | 23:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA  - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Gubernur Anies Baswedan segera memproses pengisi jabatan Wali Kota Jakarta Selatan yang saat ini diemban oleh pelaksana tugas (Plt) Marullah Matali.. ...
Selengkapnya

Pertambahan Kasus Covid-19 di Jakarta Kembali Pecah Rekor

Jumat 22/1/2021 | 23:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA  - Pertambahan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta pada Jumat sebanyak 3.792 kasus atau angka tertinggi selama pandemi sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan kasus positif dari 239.226 menjadi 243.018 kasus. ...
Selengkapnya

Idris-Imam Ditetapkan Sebagai Wali Kota/Wakil Wali Kota Depok

Jumat 22/1/2021 | 19:00
A   A   A   Pengaturan Font
DEPOK – KPU Kota Depok menetapkan secara resmi pasangan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono (Idris-Imam) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok terpilih untuk periode 2021-2026. “Hasil penetapan ini selanjutnya akan kami...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Pitti Uomo 99 Melakukan Comeback Virtual

Sabtu 23/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pitti Uomo 99 akan melanjutkan pameran dagang pakaian pria tahunan bulan ini dari 12 hingga 14 Januari. Kali ini, tidak akan kembali ke Fortezza da Basso di Florence dalam bentuk fisik, melainkan dalam format serba digital.

Pitti Immagine mulai mengungkap acara dan proyek khusus Pitti Uomo edisi berikutnya , yang secara fisik akan berlangsung di Fortezza da Basso di Florence dari 21-23 Februari 2021.

Pertama-tama, pertunjukan akan dibuka - dalam format digital - pada 12 Januari di Pitti Connect , platform yang diluncurkan oleh Pitti Immagine musim panas lalu untuk mendukung perusahaan dalam presentasi koleksi dan kontak bisnis dengan pembeli internasional.

Melansir laman hypebeast.com, Musim semi lalu, kasus Pitti Uomo ditunda karena meningkatnya kasus COVID-19 di Italia Sayangnya, situasi belum membaik dan pencatatan fisik pertama belum bisa dilakukan pada Januari. Saat ini, Florence, yang masih dalam keadaan terkunci rapat, tidak akan dapat menerima 1.300 pemasok seperti biasanya di Olimpiade Barcelona tahun ini.

Pitti Uomo telah membuat penyesuaian digital untuk memasukkan kencan online dengan pemasok dan streaming presentasi secara real-time, berharap dapat terhubung dengan pembeli dan konsumen.

"Pitti Connect akan ditayangkan dalam versi yang lebih maju dengan inovasi penting untuk meningkatkan efektivitas hubungan antara perusahaan dan pembeli. Dalam beberapa bulan terakhir kami telah bekerja dengan giat untuk menyempurnakan antarmuka akhir, menjadikannya lebih fungsional untuk penemuan dan pencarian koleksi; dan pada saat yang sama kami semakin memperkuat fase pengumpulan pesanan." ucap RAFFAELLO NAPOLEONE , direktur pelaksana Pitti Immagine

Brunello Cucinelli adalah salah satu merek yang mendukung format virtual, dan ditayangkan langsung minggu ini. Claudio Marenzi juga diharapkan menampilkan serial Herno FW 2021-nya melalui siaran langsung.

Saat merek berusaha untuk menemukan alternatif yang efektif untuk peragaan busana dan tampilan, aktivasi digital selalu menjadi norma baru untuk seluruh industri.

Mereka yang tertarik dapat melihat Pitti Uomo untuk informasi lebih lanjut tentang pameran perdagangan kuartal ini.

Dalam berita mode lainnya, Ayaki Obata berkolaborasi dengan BEAMS untuk pameran seni dan koleksi pakaian "Spring, Summer, Autumn, Winter". arn

Tampilkan Semua

Issey Miyake Meluncurkan Merek Pakaian Terbaru

Sabtu 23/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Berakhirnya Issey Miyake Men berarti dimulainya karir pribadi Yusuke Takahashi. Pada musim semi dan musim panas 2021, perancang Jepang meluncurkan jajaran produk pertama dari mereknya sendiri CFCL dengan nama merek "VOL.1". Melansir...
Selengkapnya

Naomi Osaka Adalah Duta Terbaru Louis Vuitton

Sabtu 23/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Juara tenis Jepang Naomi Osaka memiliki banyak gelar Sports Illustrated menobatkannya sebagai atlet terbaik tahun ini. Forbes menunjukkan bahwa dia adalah atlet wanita dengan bayaran tertinggi yang pernah ada. Majalah "Time"...
Selengkapnya

Trailer Camping Dapat Menampung 6 Orang

Jumat 22/1/2021 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sudah lebih dari enam bulan sejak pandemi, hanya bisa terus berencana untuk melarikan diri, dan ingin melakukan perjalanan, dan ingin menggunkan mobil dalam perjalanan. Tetapi ingin mobil yang berbeda. Mungkin bisa menambahkan trailer...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Vaksin Merah Putih untuk Mengantisipasi Pandemi di Kemudian Hari

Sabtu 23/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia tetap perlu kemandirian untuk mengantisipasi kebutuhan vaksin tersebut. Program vaksinasi Covid-19 sudah berjalan sejak 13 Januari 2021 dengan menggunakan vaksin buatan Sinovac (CoronaVac).

 

Untuk vaksinasi tahun 2021 ini, pemerintah menjalin bekerja sama dengan sejumlah pe­ngembang vaksin luar negeri agar vaksin lebih banyak tersedia.

Di sisi lain, pemerintah juga tengah mengembangkan vaksin dalam negeri yaitu vaksin Merah Putih. Tak jarang, ada pertanyaan mengenai fungsi dan tujuan vaksin Merah Putih nantinya, mengingat program vaksinasi menggunakan vaksin dari luar negeri.

Untuk mengupas terkait vaksin Merah Putih, Koran Jakarta me­wawancarai Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro. Berikut petikan wawancaranya.

 

Bisa Anda jelaskan per­kembangan maupun target dari pengembangan vaksin Merah Putih?

Saat ini enam institusi se­dang mengembangkan vaksin Merah Putih Covid-19 dengan platform yang berbeda-beda. Enam institusi tersebut adalah Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, LIPI, Universitas Indonesia, Institut Tek­nologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga, dan Universitas Gadjah Mada.

Adapun Lembaga Biologi Molekuler Eijkman diperkirakan pada bulan Maret 2021 bibit vaksin sudah dapat diberikan kepada PT Biofarma untuk se­lanjutnya masuk tahap uji klinis. Untuk LIPI tar­getnya bulan Mei 2021 sudah peng­olahan data, pelaporan, dan draf paten.

Sedangkan dari perguruan ting­gi, UI pada pertengahan tahun 2021 sudah mulai membuat sel mama­lia. ITB pada Desember 2021 ma­suk kepada uji imunogenisitas atau uji preklinis pada hewan mencit.

Unair pada Februari 2020 baru akan dilakukan produksi synthetic adenovirus, uji klinik pertengahan dan akhir 2021 produksi. Sedang­kan Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2021 masih dalam tahapan riset laboratorium.

Apa upaya percepatan dari pengembangan vaksin Merah Putih?

Uji klinis dan pengolahan akan menjadi kecepatan dari Bio Farma yang didukung oleh Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan). Tu­gas kami adalah secepat mungkin memberikan bibit vaksin kepada PT Bio Farma. Kami juga mengajak sejumlah perusahaan swasta yang dapat membantu mempercepat lahirnya vaksin tersebut.

Saya memperkirakan pemberian izin darurat dan produksi massal vaksin Covid-19 Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan LIPI de­ngan platform protein rekombinan kira-kira pada Januari 2022. Semen­tara vaksin yang Universitas Air­langga dengan platform adenovirus ditargetkan pada September 2021.

Apa tujuan dari adanya pe­ngembangan vaksin Merah Putih mengingat Indonesia sendiri su­dah memulai vaksinasi?

Vaksin Merah Putih tetap perlu meskipun Indonesia sudah mem­beli vaksin dari negara lain. Ada beberapa pertimbangan di antara­nya belum ada yang mengetahui seberapa lama daya tahan tubuh virus setelah vaksinasi.

Jika daya tahan tubuh sudah hilang, tetapi virus Covid-19 masih ada maka perlu dilakukan re-vak­sinasi. Maka Indonesia tetap perlu kemandirian untuk mengantisipasi kebutuhan vaksin tersebut.

Ada beberapa temuan kasus mutasi virus Covid-19. Apakah vaksin Merah Putih juga nanti­nya bisa menangani mutasi yang terjadi?

Sampai saat ini, mutasi yang ada belum atau tidak mengganggu kinerja dari vaksin Covid-19 yang sudah ada. Tetapi, belum bisa diketahui apakah mutasi di masa depan mengharuskan perubahan komposisi vaksin tersebut.

Untuk itu, pengembangan vaksin Merah Putih akan tetap di­dorong sehingga diharapkan mam­pu mengatasi kedua hal tadi.

Pengembangan penelitian vak­sin nasional juga diharapkan dapat mengantisipasi kemungkinan pandemi atau penyakit menular lainnya yang bisa terjadi di kemudi­an hari.

n muhamad ma’rup/P-4

Tampilkan Semua

Hasil Asesmen Nasional Jadi Acuan untuk Mempercepat Perbaikan Mutu Pendidikan

Jumat 22/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan Asesmen Nasional (AN) sebagai pemetaan kualitas pendidikan di Tanah Air. Dalam AN, terdapat dua instrumen penilaian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi dan...
Selengkapnya

Kawasan Hutan Banyak yang Gundul akibat Alih Fungsi dan Penebangan Liar

Kamis 21/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pada awal tahun 2021 ini, Indonesia mengalami berbagai musibah, mulai dari bencana alam maupun non-alam. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 136 bencana alam terjadi di Indonesia sepanjang 1–16 Januari 2021....
Selengkapnya

Efek Samping yang Ditimbulkan Nyeri, Iritasi, Kemerahan, dan Demam

Rabu 13/1/2021 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia telah memasuki bulan ke-10 masa pandemi Covid-19. Pemerintah terus berupaya untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19 ini. Salah satunya adalah program vaksinasi Covid-19.   Vaksin diharapkan menjadi penentu dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Data Kemiskinan Berantakan

Sabtu 16/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi cukup besar. Namun, sekitar 24,79 juta penduduknya masih hidup di bawah garis kemiskinan. Dibutuhkan kepekaan negara dalam memberi solusi untuk mengentaskan kemiskinan agar lebih sejahtera dan mandiri.

Di sisi lain, dampak Co­vid-19 memengaruhi semua lini kehidupan, apalagi masyarakat mis­kin. Mereka rentan baik aspek ke­sehatan, sosial, maupun ekonomi. Ketersendatan aktivitas perekono­mian dan pendapatan masyarakat yang menurun mengakibatkan angka kemiskinan berjumlah 9,78 persen.

Pemerintah berupaya mena­ngani dampak pandemi Covid-19 melalui Jaring Pengaman Sosial dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Bahkan, anggarannya mencapai 695,2 triliun rupiah pada tahun 2020 dan 356,5 triliun pada tahun ini.

Pemerintah melalui Kemen­terian Sosial terus menggulirkan bantuan sosial (bansos) sebagai salah satu jaring pengamangan. Bansos diberikan kepada masyara­kat terdampak ke seluruh pelosok negeri. Bansos penanganan dam­pak Covid-19 diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar, menjaga daya beli, dan mengge­rakkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Namun, dalam perkembangan­nya banyak kendala. Salah satunya ketidaksesuaian data dan ket­ersendatan penyaluran. Kemensos tampaknya juga harus mengem­balikan kepercayaan publik usai adanya kasus korupsi dana bansos. Langkah awal pemerintah untuk menjawab tantangan-tantangan bansos maupun upaya peningkatan kesejahteraan sosial dengan melan­tik menteri baru.

Untuk mendalami berbagai per­soalan yang menerpa penyaluran bansos, wartawan Koran Jakarta, Muhamad Ma’rup, mewawanca­rai Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, dalam beberapa ke­sempatan. Berikut petikannya.

Meski baru menjabat seba­gai Mensos, apa saja tantangan dalam penyaluran bansos pada masa pandemi Covid-19?

Saya mengakui, penyaluran bansos belum optimal. Tapi, itu bu­kan halangan. Malah, kami harus berupaya lebih agar penyalurannya benar-benar sesuai, tepat sasaran, dan berdampak baik bagi masya­rakat.

Beberapa tantangan di antara­nya kurang tercapainya target real­isasi Program Kartu Sembako/Ban­tuan Pangan Non Tunai (BPNT). Ini karena data yang tidak lengkap, sehingga gagal setting wallet-nya. Himpunan Bank Negara (Himbara) tidak berhasil menyalurkan Kartu Keluarga Sejahtera.

Kedua, kurang tercapainya target Bantuan Sosial Tunai (BST). Penye­babnya, kondisi geografis yang sulit di beberapa wilayah penyaluran, sehingga memakan waktu lama dan melebihi masa penyaluran.

Ketiga, pelaksanaan bansos sembako di Jabodetabek terdapat transporter yang sudah mendapat surat penunjukan penyedia barang/jasa (SPPBJ), tapi tidak melaksanakan paket sembako tersebut. Sehingga satuan kerja (satker) tidak bisa membayarkan mengingat adanya tagihan sehingga berpengaruh juga terhadap realisasi transporter atau jasa angkut.

Keempat, kendala pelaksana­an bansos beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) ada­lah kondisi geografis adan cuaca ekstrem di beberapa daerah. Selain itu terjadi penundaan penyaluran mengingat daerah tersebut zona merah Covid-19. Kurangnya tenaga angkut muat dan bongkar serta ti­dak tersedianya anggaran kemasan dan pengiriman sampai KPM juga menjadi kendala. Kelima, kendala pelaksanaan bansos PKH. Ini masih adanya KPM non eligible.

Berapa anggaran dan reali­sasinya untuk bansos PEN yang dikelola Kemensos?

Realisasinya mencapai 97,09 persen. Ini dari pagu anggaran sebesar 127 triliun rupiah yang di­kelola Kemensos. Realisasinya 123 triliun rupiah. Adapun penyaluran­nya untuk berbagai program ban­sos lewat bansos sembako Jabode­tabek, BST, bansos tunai bagi KPM, sembako bagi non-PKH, program PKH, bansos beras, dan BPNT.

Data Terpadu Kesejahteraan So­sial (DTKS) sangat penting dalam penyaluran bansos. Bisa dijelaskan kondisi DTKS saat ini?

Kondisinya sekarang terdapat data yang tidak lengkap. Ini menye­babkan bansos tidak tersalur. Kalau data tidak jelas, KKS tidak mungkin tersalur. Belum semua pemerin­tah daerah aktif memverifikasi dan memvalidasi data. Selain itu, masih ditemukan juga adanya KPM ganda.

Ada juga Nomor Induk Kepen­duduk (NIK) tidak valid. Berdasar­kan Surat Keputusan Menteri Sosial Oktober 2020, data saat ini terdapat 83 persen jiwa di DTKS tercatat di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan ketepatan data?

Data yang tidak lengkap, seka­rang lagi menjadi konsentrasi saya dengan daerah untuk melengkapi. Sebab tidak terkoneksi dengan NIK. Sekarang ini jadi PR saya.

Pertama, saya akan meminta daerah untuk memeriksa DTKS. Saya akan minta juga daerah untuk pembaruan data.

Lalu, untuk NIK DTKS penerima Kartu Sembako dan BST yang tidak valid akan dikembalikan kepada pemerintah daerah. Sehingga nanti bisa ada koreksi dan pencocokan dengan Dukcapil setempat.

Data kemiskinan masih beran­takan alias tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Saya berkomit­men membereskan data kemis­kinan agar ke depan, bansos bisa disalurkan tepat sasaran. Karena itu yang dilakukan pada 2021 memper­baiki data.

Mensos menyebut akan meli­batkan perguruan tinggi. Seperti apa gambarannya?

Saya juga akan melibatkan perguruan tinggi sebagai quality insurance dalam pemutakhiran data. Mereka nanti juga membahas kriteria dan parameter kemis­kinan. Mahasiswa akan terlibat dalam mengawasi pemutakhiran data. Ini sedang dikoordinasikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebab mereka punya program Kam­pus Merdeka. Semoga harapannya berjalan baik sehingga mahasiswa dapat terlibat.

Kita perlu pihak lain yang men­jamin agar benar. Perguruan tinggi diminta memetakan daerah yang mungkin tidak sama persis dengan daerah lain. Mahasiswa akan me­lihat misalnya kesulitan air bersih. Ada juga laporan dari daerah ke kabupaten/kota dan ke provinsi, lalu ke Mensos. Ada juga verifikasi dari perguruan tinggi.

Mensos akan membentuk formatur parameter kemiskinan akhir Januari agar pada Februari dilakukan pendataan. Ini biar dike­tahui persis konsep dari parameter kemiskinan.

Bagaimana kolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain, terkait data?

Arahan Bapak Presiden Joko Widodo memastikan satu data terpadu. Semua kementerian atau lembaga jangan memiliki data masing-masing, sehingga semua bantuan di tiap kementerian dapat terintegrasi dalam satu data.

Selain Kemendikbud, kami juga akan berkoordinasi dengan kementerian lain, di antaranya Kemenkes, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Harapannya, kita bersama-sama gunakan data yang sama, sehingga ke depan bisa dipetakan. Dengan begitu, penyaluran bansos lebih terukur.

Saat ini sudah dibuat perjan­jian kerja sama dengan Dukcapil terkait pertukaran DTSK dan NIK Dukcapil. Lalu, ada perjanjian kerja sama dengan Badan Penyeleng­gara Jaminan Sosial Kesehatan dan Kemendikbud.

Berapa anggaran peningkatan kualitas data?

Terus terang mendapat ang­garan untuk perbaikan data sekitar 1,3 triliun rupiah. Tapi, mungkin tidak akan gunakan sebesar itu. Saya lebih memilih menugaskan ke lapangan untuk verifikasi data dan dibuat sistem khusus untuk mem­perbarui DTKS tersebut. Setiap bu­lan kami akan pemutakhiran data penerima bansos untuk memasti­kan penerima belum meninggal.

Kita akan lakukan verifikasi lapangan. Bahkan, staf saya kasih surat tugas ke lapangan semua. Saya siap diperintahkan ke mana pun. Tapi saya memang harus buat sistem dulu. Jadi, kenapa saya be­lum berani keluar karena harus me­nyiapkan sistem dulu. Ini petugas-petugas lapangan lagi mengecek.

Selagi menunggu data, apa langkah terdekat agar bansos te­pat sasaran?

Jadi, kondisi saat ini tidak sedikit penerima bansos telah meninggal dunia. Tiap bulan kami melakukan pembaruan data. Hasil Janu­ari, Bank Mandiri temukan tujuh (penerima bansos) meninggal. BNI menemukan 289 (penerima bansos) meninggal. Itu bisa dicek apakah ahli waris masih memenuhi syarat. Kalau tidak, akan pindah ke keluarga lain.

Saat pemberian, bank wajib mengirimkan data secara foto. Kalau yang bersangkutan sakit, harus didampingi ahli waris yang ditunjuk. Ini sudah dikoordinasikan Kementerian BUMN akan dipindah ke PT Pos. Repotnya, wajah penerima dan pendamping yang mengambil. Kami bisa ambil datanya dari bank setiap ada transaksi. Kami tiap Jumat rapat dengan Himbara dan PT Pos untuk mendengarkan laporkan.

Bagaimana cara mencegah ko­rupsi penyaluran bansos?

Kami sudah minta KPK ikut membantu memperbaiki DTKS sebagai basis penyaluran bansos. Saya juga mengirim surat ke KPK, Kejaksaan Agung, Mabes Polri, dan Universitas Indonesia agar mem­bantu memperbaiki permasalahan.

Ada pro dan kontra terkait kebiasaan blusukan di Jakarta. Bagaimana komentarnya?

Terus terang, saya ini kebiasaan berangkat kerja setelah subuh. Saya keluar bertemu dinas kebersihan saat mengontrol kebersihan kota. Jadi, tidak ada niat blusukan. Saya tidak pernah niat blusukan. Ke­jadian itu di jalan. Kalau saya tanya, “Kamu sudah makan atau belum, kan tidak aneh.” Itu kewajiban saya sebagai manusia.

Saya ingin pemulung-pemulung itu juga dapat bantuan karena sela­ma ini mereka tidak dapat bantuan apa pun hanya karena tidak punya alamat. Jadi, saya tidak ada niatan apa pun. Sebab mungkin sebentar lagi saya mati, besok atau mati ka­pan tidak tahu. Tapi niat saya hanya mau membantu.

Di luar bansos, upaya lain me­ningkatkan kesejahteraan sosial warga?

Progam bansos sebisa mung­kin juga menghasilkan tambahan pendapatan. Jadi selain diberi pekerjaan, mereka juga didorong menambah penghasilan. Tidak bisa kita hanya memberi bantuan. Kita juga memberdayakan.

Balai rehabilitasi sosial bisa menjadi salah satu tempat mem­berdayakan masyarakat tidak mampu. Ada tiga kategori orang miskin, hampir, miskin, dan sangat miskin. Yang terakhir ini akan kita angkat. Berat memang, tapi kita akan lakukan bertahap melalui pro­gram pemberdayaan.

Apa upaya meningkatkan balai rehabilitasi sosial?

Ada 41 balai di Kemensos. Sayang kalau hanya untuk tempo­rary, yang sifatnya proyek ini enam bulan selesai. Kita akan mengubah balai untuk pemberdayaan seperti ternak lele dan telur. Lahan sekitar dimanfaatkan untuk tanam sayur-mayur. Dengan begitu, diharapkan dapat menambah pendapatan masyarakat miskin. Kalau kita be­rikan bantuan, teorinya untuk me­ngurangi pengeluaran, sedangkan pemberdayaan untuk menambah pendapatan.

Berapa balai yang akan jadi tempat pemberdayaan?

Balai untuk jadi tempat pem­berdayaan terutama di kota-kota besar, seperti Bekasi, Palembang, Makassar, Sulawesi Utara, hingga Papua. Itu yang akan kita gunakan untuk membuat semacam mini­atur pemberdayaan sehingga nanti warga setempat bisa setop di situ. Mereka tidak harus bekerja ke luar daerahnya. G-1

Riwayat Hidup

Nama : Tri Rismaharini

Tempat, tanggal lahir : Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961

Suami : Djoko Saptoadji

Anak : Fuad Bernardi dan Tantri Gunarni Saptoadji

Pendidikan:

  • Sarjana Arsitektur di ITS Surabaya (1987)
  • Magister Manajemen di ITS Surabaya (2002)
  • Doktor Honoris Causa di ITS Surabaya (2015)

Karier:

  • Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (1997)
  • Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Dinas Bangunan Kota Surabaya (2001)
  • Kepala Cabang Dinas Pertamanan Kota Surabaya (2001)
  • Kepala Bagian Bina Pembangunan Kota Surabaya (2002)
  • Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Kota Surabaya (2005)
  • Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya (2005)
  • Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (2008)
  • Wali Kota Surabaya (2010-2015, 2016-2020)
  • Presiden United Cities and Local Governments Asia-Pacific (2018-2020)
  • Ketua DPP PDI-P Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (2019-sekarang)
  • Walikota Surabaya (2010-2015, 2015-2020)
  • Menteri Sosial (Des 2020-sekarang)

BERBAGAI SUMBER/LITBANG KORAN JAKARTA/AND

Tampilkan Semua

Vaksinasi Kedepankan Prinsip Kehati-hatian

Sabtu 9/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 boleh dibilang justru memasuki babak baru. Angka kasus positif Covid-19 terus mengalami peningkatan. Bahkan, beberapa mutasi dari virus Sars-Covid-2 kini telah menjadi ancaman baru, mengingat daya penularannya yang jauh...
Selengkapnya

Utamakan Peremajaan Sawit Rakyat

Sabtu 2/1/2021 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sepanjang tahun 2020 ini, BPDPKS telah menyalurkan anggaran sebesar 2,55 triliun rupiah untuk program peremajaan sawit rakyat (PSR). Dana PSR ini untuk membantu petani sawit meningkatkan produktivitas yang masih rendah. Program mandatori...
Selengkapnya

Goa Maria Kerep 100 Persen Jalankan Protokol Kesehatan

Minggu 27/12/2020 | 13:12
A   A   A   Pengaturan Font
Para pengunjung yang mau ziarah ke Goa Maria Kerep, Ambarawa, Jateng, harus mengikuti prosedur yang ditetapkan pengurus untuk ­menekan persebaran Covid-19. “Kami menjalankan per sesi untuk masuk ke Goa Maria,” kata salah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta