Koran Jakarta | June 24 2017
No Comments
Tabrakan Kapal - Kapal Kontainer ACX Crystal Hanya Rusak Ringan

Tujuh Marinir Kapal Perang USS Fitzgerald Tewas

Tujuh Marinir Kapal Perang USS Fitzgerald Tewas

Foto : REUTERS
A   A   A   Pengaturan Font
Kondisi kapal perang USS Fitzgerald sempat miring 5 derajat dan hampir tenggelam.

YOKOSUKA – Tujuh marinir awal kapal perang USS Fitzgerald tewas setelah kapal mereka ditabrak oleh sebuah kapal kontainer berbendera Filipina, ACX Crystal, sekitar 56 mil laut arah barat daya Yokosuka, Jepang, Sabtu (17/6), pukul 02.30, waktu setempat. Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan tim pencari menemukan jenazah tujuh marinir itu pada Minggu (18/6) pagi, setelah kapal tersebut kembali ke markasnya di Jepang.

Mereka ditemukan tak bernyawa di lambung USS Fizgerald yang rusak dan dipenuhi lumpur dan air “Jasad tujuh marinir itu ditemukan terapung di lambung kapal bagian yang dibanjiri air,” demikian keterangan pers komandan Armada ke-7 Angkatan Laut AS, Laksamana Muda Joseph Aucoin, di pangkalan AL di Yokosuka. Minggu (18/6). Kapal barang Filipina itu memiliki bobot 29.060 ton dan panjang 222 meter.

Akibat tabrakan itu, bagian sisi kanan kapal perang USS Fitzgerald mengalami rusak berat di atas dan di bawah garis air. Kondisi kapal sempat miring 5 derajat dan hampir tenggelam. Saat ini kapal perang AS itu telah merapat di pangkalan AL Yokosuka untuk menjalani perbaikan. Sementara itu, kapal kontainer Filipina hanya mengalami kerusakan ringan.

Seluruh kru kapal kontainer ACX Crystal selamat dan tidak terluka. Kapal berbendera Filipina ini disewa perusahaan pelayaran Jepang, Nippon Yusen Kabushiki Kaisha (NYK), dan dimiliki oleh Dainichi-Invest Corporation. Saat insiden tabrakan terjadi, sebagian besar awak kapal perang perusak kelas Arleigh Burke milik Angkatan Laut AS yang berjumlah 285 awak itu sedang terlelap tidur, kecuali para petugas jaga.

Lokasi tabrakan merupakan tempat yang sangat sibuk, dengan pelayaran menuju dan dari teluk Tokyo. Angkatan Laut AS mengatakan bahwa tabrakan terjadi sekitar pukul 2.30 waktu setempat (00.30 WIB), sedangkan penjaga pantai Jepang mengatakan peristiwa itu terjadi pada pukul 1.30 waktu setempat (23.30 WIB/Jumat).

Hingga berita ini ditulis belum jelas mengapa tabrakan itu bisa terjadi, namun juru bicara Armada ke-7 Angkatan Laut AS menyatakan akan segera melakukan penyelidikan secara mendalam atas terjadinya insiden ini. Angkatan Laut AS menambahkan, bahwa tujuh jenazah marinir itu telah dibawa ke rumah sakit angkatan laut Amerika di Yokosuka. Komandan kapal perang USS Fitzgerald yang terluka, Bryce Benson, dirawat di rumah sakit angkatan laut Amerika di Yokosuka dan dua marinir lainnya dikirim ke rumah sakit Yokosuka.

Pasukan penjaga pantai Jepang menerima panggilan darurat dari kapal kontainer ACX Crystal pada sekitar pukul 02.00 waktu setempat. ACX Crystal mengabarkan bahwa kapal itu baru saja bertabrakan dengan USS Fitzgerald pada 103 kilometer sebelah barat daya Yokosuka, Jepang, pangkalan Armada Ketujuh AS.

Sedangkan di Amerika Serikat, keluarga para pelaut militer yang hilang menanti dengan cemas kabar orang-orang yang mereka cintai itu. “Tentu saja kami sangat cemas dan takut. Kami hanya bisa berdoa,” kata Rita Schrimsher dari Athens, Alabama.

Cucu Rita adalah Jackson Schrimsher (23) salah satu pelaut USS Fitzgerald. Rita mengatakan terakhir kali dia berkomunikasi dengan cucunya adalah lewat Facebook Messenger tiga hari lalu. Nama-nama pelaut yang menjadi korban akan dirilis setelah semua notifikasi dilakukan. 

 

ils/Rtr/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment