Koran Jakarta | November 17 2018
No Comments

UNS-Pertamina Produksi Baterai untuk Motor Listrik

UNS-Pertamina Produksi Baterai untuk Motor Listrik

Foto : ISTIMEWA
Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT Pertamina, Gigih Prakoso.
A   A   A   Pengaturan Font

SURAKARTA – Universitas Sebelas Maret (UNS) dan PT Pertamina (Persero) dan berhasil memproduksi Lithium Ion Battery (LIB) untuk penggerak motor listrik yang hemat dan murah. Dengan baterai ini, kendaraan bermotor listrik roda dua mampu menempuh jarak 80–100 kilometer hanya dengan biaya 5.000 rupiah.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT Pertamina, Gigih Prakoso, mengatakan Pertamina men­dukung pengembangan energi baru terbarukan sesuai de­ngan Roadmap Pertamina 2030 dan sejalan kebijakan glo­bal untuk menurunkan kadar emisi melalui penggunaan energi ramah lingkungan seperti kendaraan listrik.

“Baterai menjadi isu penting bagi pengembangan kenda­raan listrik. Karena itu, teknologi pembuatan baterai men­jadi bisnis yang strategis. Sebagai BUMN energi, Pertamina akan menjadi produsen baterai kendaraan listrik. Karena tanpa teknologi pembuatan baterai ini, Indonesia hanya akan menjadi pasar bagi produsen negara lain,” jelas Gigih, di Surakarta, akhir pekan lalu.

Senior Vice President Research & Technology Center, PT Pertamina, Herutama Trikoranto, menambahkan, Bat­tery Cells produk kerja sama Pertamina UNS akan dijadi­kan battery pack, antara lain ditujukan untuk kendaraan bermotor listrik roda dua. Baterai ini merupakan pengem­bangan battery pack yang sebelumnya dibuat bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. YK/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment