Varian Paling Terjangkau | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 19 2020
No Comments
Sedan Premium

Varian Paling Terjangkau

Varian Paling Terjangkau

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk mendapatkan konsumen yang ingin naik kelas, mobil premium Eropa menawarkan varian terjangkau

Segmen sedan premium memiliki kelas paling terjangkau, agar pasarnya semakin luas. Mercedes Benz misalnya memiliki C Class, BMW memiliki BMW seri 3 Audi memiliki A4, dan Lexus dengan seri ES.

Diantara kelas ini terdapat varian paling murah. Mercy menawarkan sedan C Class paling murah yaitu Mercedes Benz C180. Sebagai sedan termurah Mercedes, C180 sebenarnya bukan barang baru.

Pada era 1990-an mobil ini menjadi andalan pabrikan Jerman itu dalam mengenjot penjualan di Tanah Air. Mobil ini kini dihadirkan untuk melengkapi seri C Class yang lain seperti C200 dan C250 yang cukup popular saat ini.

President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun menjelaskan C180 untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, yang ingin naik kelas dari segmen di bawahnya.

“Kami terus menawarkan produk yang luas dan lengkap dengan teknologi inovatif serta desain emosional, yang berarti kami memiliki kendaraan yang tepat untuk setiap pelanggan,” ujar dia di Bogor Kamis (16/1).

Choi Duk Jun, menuturkan, The New C180 ditawarkan pada harga yang paling terjangkau yaitu 759 juta rupiah (off the road). Meski paling kompetitif dari segi harga tapi mobil ini diklaim tidak murahan, lantaran masih dilengkapi dengan sejumlah fitur yang dimiliki pada C Class.

Sedan ini dibekali dilengkapi fitur keselamatan terkini seperti Active Brake Assist, Air Bags dengan Kneebag sebagai sistem keselamatan standar dan sistem pemantauan tekanan ban, dan kamera mundur.

New C180 hadir dengan Agility Control dengan sistem peredaman dan penurunan yang selektif. Eksteriornya menawarkan desain Avantgarde-Line yang elegan.

Mobil mewah tersebut tampak berkarakter dengan lampu depan LED, tarikan-tarikan garis bodi dan desain belakang yang membulat. Pada bagian roda, New C180 meluncur dengan Velg light alloy 5 spoke 17 inci.

Pengemudi diberikan berbagai mode berkendara sesuai dengan keinginannya dengan fitur Dynamic Select dengan lima mode yakni Comfort, ECO, Sport, Sport Plus dan Individual.

Selain itu terdapat cluster meter dengan layar instrumen full digital 12,3 inci dengan resolusi tinggi 1920 x 720 piksel untuk berbagai kontrol kebutuhan pengendara, dengan tampilan yang bisa diubah seperti Classic, Sport, dan Progressive Untuk mendukung kenyamanan penumpang, C180 dibekali fitur kontrol suhu otomatis Thermatic.

Pada lingkar kemudi terdapat kontrol sentuh sensitif, dan ada lagi display sentral resolusi tinggi dalam format 16:9 dengan layar diagonal 10,25 inci dan resolusi 1920 x 720 piksel yang memungkinkan mobil terhubung ponsel melalui aplikasi Apple Car Play dan Google Android Auto.

The New Mercedes Benz C180 akan berhadapan dengan BMW 320i yang merupakan varian paling terjangkau pada BMW Seri 3, yang diluncurkan di Indonesia pada Oktober 2019.

Mobil ini dibanderol pada harga 849 juta rupiah off the road, “BMW Indonesia hadirkan varian kedua yang telah ditunggu-tunggu yaitu All-new BMW 320i Sport,” ujar Presiden Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan.

Sedan ini seperti menolak dari stigma mobil premium Eropa yang cenderung boros bahan bakar. BMW 320i Sport terbaru hadir dengan mesin lebih efisien, dengan keamanan dan kenyamanan meningkat, dilengkapi dengan driving assistance dan inovasi lain. Sebagai bagian seri paling laris, BMW Seri 3, terjual lebih dari 15 juta unit di seluruh dunia, BMW 320i Sport menghadirkan konsep sedan sport.

Desain terlihat dinamis, dengan handling nyaman, efisiensi, dan fitur inovatif, pertahankan karakteristik khas BMW Seri 3, bahkan diangkat ke level yang lebih tinggi. BMW 320i Sport menggendong mesin 2.0 liter, empat silinder ini menghasilkan output maksimum 184 tenaga kuda, torsi puncak adalah 300 Nm, meningkat dari seri sebelumnya berkat BMW TwinPower Turbo terbaru yang terdiri dari twin-scroll turbocharger, High Precision Injection direct petrol injection, Valvetronic fully variable valve timing dan Double-Vanos variable camshaft timing.

“Sistem injeksi sangat presisi untuk menyuplai dengan baik dan pembakaran yang bersih, dengan pompa bertekanan maksimum mencapai 350 bar, dari versi sebelumnya yang hanya 200 bar,” ujar Ramesh.

Dengan karakteristik unik dan crankshaft ringan, mesin BMW 320i Sport dapat mengurangi gesekan internal. Hasilnya kecepatan dari 0 hingga 100 km per jam dapat dicapai dalam waktu 7.1 detik. Sementara konsumsi bahan bakar gabungan mencapai 15.9 km per liter dan angka emisi CO2 144 g per km. BMW 320i Sport memiliki teknologi Laserlight hadir sebagai standar dimana teknologi ini sebelumnya hanya hadir di BMW Seri 7.

BMW merupakan satu-satunya brand yang menghadirkan fitur Laserlight di segment kendaraan premium ukuran sedang. Baik lampu kabut depan LED maupun Air Curtains terintegrasi ke dalam air intake, menggunakan desain NACA yang telah terbukti di dunia Motorsports. Yang menonjol dari All-New BMW Seri 3 seperti yang terdapat pada All-new BMW 320i Sport adalah adanya fitur Park Distance Control dan kamera tampak belakang membantu pengemudi melakukan manuver dan memasuki atau keluar dari tempat parkir.

Park Distance Control membantu proses parkir yang lebih mudah. Sementara Park Assist mampu mengambil alih kemudi, akselerasi, pengereman, dan perubahan gigi dengan transmisi Steptronic saat masuk dan keluar slot parkir pararel dan lateral.

Fitur andalan terbaru salah satunya adalah Reversing Assistant, dimana The all-new BMW Seri 3 dapat mundur kembali ke posisi semula secara otomatis dengan jarak 50 meter, dengan rute yang sama saat bergerak maju. hay/R-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment