Warga Dilibatkan Bangun Huntap untuk Korban Longsor | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 4 2020
No Comments
LINTAS WILAYAH

Warga Dilibatkan Bangun Huntap untuk Korban Longsor

Warga Dilibatkan Bangun Huntap untuk Korban Longsor

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melibatkan warga untuk menebang 501 pohon kelapa sawit milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Cikasungka di Desa Sukaraksa Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor, Jawa Barat demi membangun hunian tetap (huntap) sebagai tempat relokasi korban bencana.

“Jadi memberdayakan masyarakat nanti. Ada upahnya juga, seperti gotong royong, supaya cepat. Koordinator lapangannya nanti Camat Cigudeg,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, Selasa (25/2).

Menurutnya, selain menyiapkan pendanaan, Pemkab Bogor juga akan menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan masyarakat untuk merobohkan ratusan pohon kelapa sawit di lahan seluas 3,8 hektare tersebut.

Sementara, Camat Cigudeg, Acep Sajidin mengaku akan menghimpun sumber daya sebanyak mungkin di Cigudeg untuk percepatan penebangan pohon kelapa sawit. Ia juga akan menyiapkan 20 unit gergaji mesin, dengan harapan satu unit gergaji mesin dioperasikan dua orang dan mampu memotong 20 batang pohon sawit per hari.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, lahan seluas 3,8 hektar itu rencananya akan dibangun sebanyak 223 unit huntap. Menurutnya, pembangunan huntap digarap langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan anggaran sekitar Rp50 juta untuk setiap satu huntara. Ant/P-5

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment